(Super) Protective Mom

by - Agustus 23, 2014


Saya cuma bisa ketawa-ketawa geli dan kasihan ngelihat Tasya semalem dijutekin mamah gara-gara baru sampe rumah lewat jam setengah 11. Adek saya kelas 11 SMA, baru pulang dari makrab sekaligus reuni yang diadain di rumah temennya.

Semenjak perjalanan pulang ketika saya jemput, Tasya udah bawel banget nanya-nanya ke saya, "Kakak dulu waktu kamu SMA paling malem pulang jam berapa? Mamah marah ya Kak? Gimana dooong?" yang saya jawab dengan ketawa sambil nakut-nakutin.

Mamaaaaaaahhh! :))))

Mamah saya seorang ibu rumah tangga, yang hampir 21 tahun hidupnya Ia habiskan untuk mengurus keluarga, suami, dan anak-anaknya. Rasanya, nggak ada anak yang nggak akan membanggakan ibunya dan bilang kalau ibu kita masing-masing adalah best mom in the world. For me, yeeeessss my mom is beyond the world itself! To called that most golden-hearted, loving, caring, and understanding mother as mine is the best gift I couldn't trade with anything.

Saya deket luar biasa sama Mamah, bener-bener kayak temen sendiri. Pokoknya saya maunya apa, saya cerita apa, saya ngeluh apa, Mamah pasti ngerti. Mamah saya sama sekali nggak galak, apalagi suka marah-marah. Nggaaaak sama sekali. Tapi satu, mamah saya sangat, amat, teramat protektif.

Dari saya dan Tasya kecil, kita dimanjain banget sama Mamah. Semua-semua Mamah yang ngurusin. Sampe kita nggak bisa dan emang nggak pernah jauh dari Mamah. Waktu saya TK, walaupun Mamah saya lagi hamil Tasya, Mamah masih tetep nyetir nganterin saya sekolah, plus nungguin sampe saya pulang. Begitu juga pas Tasya lahir, lalu saya masuk SD, Mamah saya tetep nungguin saya sekolah setiap hari sambil ngebawa Tasya yang masih cimit. Mamah saya ya, sampe beli kursi buat disekolah saya (ini beneran beli kursi di tukang furniture yah bukan "beli kursi" nyogok hahaha). Jadi Mamah ini kerjaannya nongkrong di sekolah saya sama Ibu-Ibu gaul lainnya. Sambil nungguin anak sekolah, mereka kongkow-kongkow, bahkan sampe bikin arisan segala. Hahahaha. Saking eksisnya, bahkan Mamah saya lebih terkenal dibandingin saya. Dikalangan guru, tukang jajanan, ibu kantin, bahkan sampe punya mamang parkir dan lahan parkir langganan.

Orang tua saya termasuk strik banget. Kalau Ayah strik masalah pendidikan, kalau Mamah strik dalam segala hal kecuali pendidikan. Hahaha. Jadwal saya, dari mulai pagi sampe malem diatur sama Mamah. Teratuuuuurrrr banget. Bangun, siap-siap sekolah (saya selalu disuapin sarapan sampe saya SMP. Hahaha :"), lanjut les aritmatika, renang, pelajaran, ekskul. Setiap sore jam 5, jadwal saya minum susu dan makan kentang. Sholat magrib dan isya berjamaah, dan jam 9 teng, saya udah harus tidur. Saya baru ngerasain dikasih uang jajan itu mulai kelas 5 SD. Sebelumnya? Nggak pernah jajan, selalu dipesenin katering sama temennya Mamah.

Protektifnya Mamah dalam segala hal ini teruuuuuusss berlanjut sampai saya masuk SMP. Karena Mamah sekarang sibuk jadi ibu gaul di SD nya Tasya, akhirnya saya "bebas" dari pengawalan Mamah dan mulai pake anter-jemput. Lalu saya mulai kenal "dunia luar". Saya pertama kali ngerasain naik bis metromini! Wuih itu rasanya bangga dan seru banget. Hahahaha. Mulai nggak bilang-bilang Mamah main kesana kesini, bahkan nyampe nyobain naik Busway segala. Tapi kehidupan saya ya cuma sebatas itu. Main sama temen satu kelas aksel. Rutinitas belajar yang setiap hari sampe sore, bahkan kadang hari libur masih masuk pun bikin saya ya hidupnya gitu-gitu aja.

Sampai akhirnya saya masuk SMA. 

Saya kira, jadi anak SMA itu berarti udah gede. Seneng dan soooookkk banget rasanya waktu itu. Tapi pas hari pra-MOS, saya inget banget itu hari Sabtu dimana anak-anak baru masuk ke sekolah buat dijelasin tata cara MOS, saya dateng dianterin Mamah, Ayah, dan Tasya yang ikut masuk ke kelas buat nyariin saya tempat duduk, plus temen barunya. Udah gitu, pas acara udah dimulai, mereka bertiga NUNGGUIN DI DEPAN KELAS SAMBIL NGELIATIN SAYA DARI KACA. Tuhan............

Itu semua belum selesai. Selama MOS, Mamah saya tetep setia nungguin saya disekolah. Saya inget banget, dulu itu kan sering disuruh bawa makanan-makanan aneh ya, nah saya disuruh bawa sayur gaul (baca: sayur lo-deh. Iye. Garing banget emang). Malem sebelumnya saya minta bikinin ke Mamah, okeee kata Mamah. Pagi-paginya, Mamah udah nyiapin makanannya di..... RANTANG. 3 TINGKAT. WARNA IJO. BENTUKNYA KODOK. Itu saya bener-bener maluuuuuuuu banget.......... Dan bener aja, pas dikelas saya diketawain sama kakak OSIS, dibilang kayak anak TK..... :'''))))

Oke jadi panjang banget. Skip. Skip. Skip.

Lalu saya mulai naksir-naksiran sama cowok. Berhubung waktu itu saya masih tinggal di Blok A, yang tinggal ngesot dari sekolah, bikin rumah saya jadi tempat ngumpul temen-temen. Kelas 1, saya punya temen sekelas yang ganteeeeeeng banget (ini kalo ada temen SMA yang baca, jangan bilang ke orangnya yah HAHA) sekaligus gebetan saya. Waktu dia kerumah, komentar Mamah saya, "wuiiiih ganteng banget Kaaaaakk! Cocok...... dijadiin temen." Jedyarrrr. Lalu saya sadar, saya nggak dibolehin pacaran sama Mamah. Sampe lulus SMA pun, saya masih nggak boleh punya pacar. Jangankan punya pacar, main malem aja beuuuuhhhh manalah boleh! Hahahaha. Saya, hampir nggak pernah malem mingguan. :"))))


Begitu masuk kuliah di IPB dan harus pisah tinggal sama Mamah.... 

Beraaaaattt banget rasanya. Bukan cuma di saya, tapi juga di Mamah. Bahkan waktu awal-awal, Mamah yang lebih sering nangis kangen daripada saya. Hahahaha. Sebelum dikasih izin ngerantau, Mamah udah ngasih ultimatum, Mamah harus tau jadwal kuliah saya, dan setiap hari saya nggak boleh lupa ngabarin Mamah. 4 kali sehari. Dimulai dari jam 7 pagi, jam 12 siang, jam 4 sore, dan jam 8 malem. *serius* Temen-temen kuliah saya udah hafal semua sama jadwal laporan saya. Hahahaha. Mamah juga wajiiiiib punya nomer telfon temen-temen saya. Kalau saya telat ngabarin aja, wuaaaahhh udah riweuh deh temen-temen deket saya di smsin sama si Mamah. Tami, Pepew, Maya, Ria, udah hafal dan khatam banget deh diriweuhin Mamah yang sering nyariin saya. Sampe kadang suka nggak enak sendiri, mereka yang sering ngingetin buat ngabarin Mamah kalau lagi pergi-pergi. :")))
Udah gitu, seminggu sekali saya harus pulang. Kalau rencana nggak pulang (karena sibuk ini itu), Mamah akan ngeluarin jurus andalannya dengan bilang, "oh gituuu, nggak apa-apa kalau Kaka sibuk nggak bisa pulang... Padahal Mamah udah masakkin (insert makanan kesukaan saya) loh buat Kaka...." Digituin, anak mana yang nggak luluh cobaaaa? Hahahahaha

Masalah izin mau pergi-pergi, masih tetep susah juga. Bayangin aja, mau makrab kelas di Puncak, minta izin ke Mamah itu ribeeeeeettttt bangeeeettt. "Sama siapa aja? Berapa lama? Nginep dimana? Ada dosennya? Apaaaaa??? Nggak sama dosen?? Trus yang tanggung jawab nanti siapa??? Trus kesananya naik apaa?? Aman nggak??" Yang sering saya jawab dengan lemes, "Mah, Kaka kan udah kuliah....." Akhirnya, izin didapet setelah ada jaminan dari Tami dan Pepew biasanya. Haaaahhh :'''))
Mamah tuh gitu. Mamah bakal ngebolehin saya kemanapun jam berapapun asal jelas sama siapanya. Kalau bareng temen-temen deket yang Mamah udah kenal dan percaya, amaaaaannn. Hahaha.

Waktu saya mau minta izin buat naik gunung, harus Miro dulu yang nelfon Mamah buat minta izin dan kena semprot karna "jadi provokator" yang bikin saya jadi nakal mau naik-naik gunung. Hahahaha sampe sekarang masih ngerasa bersalah sama Miro :'')) Waktu itu, Mamah ngizinin karna saya bilang Tami juga ikut (padahal Tami cuma ikut nganterin aja). Lalu waktu saya di gunung, Mamah nelfon Tami, dan hp Tami aktif. Akhirnya Tami (yang lagi makan bakso) bilang kalau dia nggak ikut naik gunung. JEDYAAARRRR!!!
Mamah sampe ngehubungin orang-orang buat tau keadaan saya. Pas saya turun, hal yang pertama kali saya lakuin adalah nelfon Mamah. Dan reaksi Mamah adalah...... Nangis. Sambil marah-marah di telfon ngomong apaan saya waktu itu sampe nggak bisa nangkep lagi :''))) Waaah itu marahnya luar biasa deh, saya sampe dijutekin 3 hari setelahnya, dan dibilang kalo masih mau naik gunung lagi, nggak usah jadi anak Mamah. </3


Hahahaha. Kalau diinget-inget, saya sering ketawa sendiri. Ya ampun Mamahkuuuuu...... :''')))

Walaupun kadang bener-bener sebeeeellll banget sama over-protective nya Mamah, berasa masih kayak anak umur 5 tahun, tapi saya ngerti banget Mamah kayak gitu karna sayang luar biasa sama saya dan Tasya. Masing-masing orangtua punya caranya sendiri nunjukkin perhatian dan cinta nya ke anak-anak mereka, dan begitulah cara Mamah saya.

Saya tau, Mamah kayak gitu bukan karna nggak percaya sama saya atau apa, tapi karna Mamah orangnya panikan. Dan itu nurun ke saya. Jadi kalau saya telat ngabarin, yang ada dipikiran Mamah adalah, jangan-jangan saya kenapa-kenapa. Sakitlah, kecelakaanlah, dapet masalah lah, bahkan sampe sering mikir saya diculik. Hahahaha atuuuh siapa juga Maaah yang mau nyulik! Cantik enggak, kaya enggak, laku enggak, nyusahin iyeeee. Hahaha.

Setiap saya lagi sebel sama Mamah yang suka over nyuruh-nyuruh ngabarin itu, saya kayak ngeliat refleksi diri saya juga. Iya ya, gue sama banget protektifnya, over-thinkingnya....

Saya sering banget kayak gitu, ke temen-temen, apalagi ke pacar. Misalnya gini, setiap habis pergi sama saya, pasti temen-temen atau pacar saya selalu saya minta buat kabarin saya kalau udah sampe rumah. Nah trus saya ngira-ngira, kalau jarak ke rumahnya itu satu jam, trus udah 2 jam belum ngabarin juga, wuaaaahhh langsung deh muncul pikiran-pikiran serem. Jangan-jangan ketabrak, atau dirampok, atau diperkosa.... Hahaha atuh gimanaaa :(

Rasanya nggak tenaaaaaang banget kalau belum dapet kabar. Ini di hati dag dig dugggg. Trus saya sering mikir, ini yang dirasain Mamah kalau saya lupa atau bahkan males buat ngabarin....

Makanya, sekarang saya ngerti banget sama semua sikap Mamah, dan sama sekali nggak keberatan lagi. Hahaha. Kalau Tasya masih sering banget marah dan ngelawan Mamah yang nganggep dia  kayak masih anak umur 5 tahun, apa-apa dibatesin, dulu saya juga gitu. Hahaha namanya juga remaja :P Sekarang, seiring saya nambah dewasa, saya malah udah jadi kebiasaan juga buat ngabarin Mamah, cerita semuanya sama Mamah, minta pendapat dan nasehat Mamah. Nggak ada yang saya tutup-tutupin. Apapun yang saya lakuin, Mamah pasti tau.

Makin kesini, saya makin sering kangen sama Mamah. Waktu beberapa bulan lalu liburan ke Bali sama temen-temen, saya yang nangis. Saya belum pernah pergi sejauh itu tanpa Mamah. :'''))) Hahahaha. Makanya, saya juga pulang duluan. Rasanya nggak ketemu Mamah lebih dari seminggu itu...... nyakitin. :")

Mamah tau semua cerita saya, semua cerita temen-temen saya. Hahahaha. Jangankan soal cinta-cintaan sendiri, masalah per-pacaran temen-temen pun saya ceritain juga ke Mamah. Hahahaha hampura yah :P Semua ngalir gitu ajaaa pokoknya sama Mamah. Saking deketnya, Mamah selalu tau kalau saya (baru niat) bohong atau nutupin sesuatu. Percuma :P

Dulu, saya sering ngomong dalem hati, "pokoknya kalo gue nanti jadi ibu-ibu, gue nggak akan mau over protective kayak Mamah! Kasian anak gue, dikekang!"

Tapi sekarang, harapan saya berubah jadi, "pokoknya nanti gue mau jadi kayak Mamah. Yang super perhatian sama anak gue. Karena beruntung banget yang jadi anak Mamah, dilimpahi kasih sayang yang begituuuuuu luar biasa!"

:)))


Semoga saya bisa jadi seorang perempuan, anak, istri, dan ibu yang begitu baik seperti Mamah saya. Yang baik hatinya, baik juga ibadahnya. Aamiin. Aamiin. Allahumma aamiin. :)

Saya selalu bilang, sama Mamah, Ayah, temen-temen, dan pacar saya. Cita-cita saya nggaaaaakkk muluk-muluk, saya cuma pengen jadi ibu-ibu gaul di sekolah yang suka kongkow, arisan, dan pengajian kayak Mamah. Hahahahaha :p



Selamat malam minggu!
Seperti biasa, salam dari saya yang sedang (dan selalu) dirumah :p

You May Also Like

0 comments