Nikah Muda?

by - April 15, 2014






Ceritanya habis baca salah satu blog temen, dan dengerin curhatan mamah yang habis dicurhatin anak orang, jadi kepengen sotoy-sotoyan nulis ini. Btw, kalau gue sering di bilang dokter cinta karena kalau ngasih pendapat ke curhatan orang itu "sok" terlihat mengerti (padahal percintaan diri sendiri juga kagak beres huhuhu), nah nyokap gue itu ibarat master nya gue. Hahaha. Gue, kalau cerita-cerita sama nyokap, apa juga diceritain, nggak pake filter. Bahkan buat topik yang menurut orang-orang mungkin "tabu" buat diobrolin sama orang tua sendiri, nah nyokap gue malah santai banget. :'))))


Salah satu topik yang sering kita bahas adalah soal nikah muda. Kebetulan, sepupu-sepupu gue banyak banget yang nikah muda, sekitaran 22-24 tahun tuh udah pada nikah. Jadi kalau ada acara keluarga, yang biasanya kita asyik main galasin, tak benteng, atau rebutan makanan, sekarang berubah jadi ajang pamer-pameran baby masing-masing. Iya, sekarang kemana-mana udah bawa anak semua. Karena tinggal ada 3 orang, termasuk gue, yang belum nikah, yaudah deh tugas gue sekarang gantian jadi baby sitter ngurusin anak-anak orang. Wuah time flies too fast. :')

Nah, di acara keluarga itu juga udah makanan wajib buat ditanyain; "Kakak Ima, udah ada calonnya belum?" "si itu mana, kok nggak dibawa?" lalalala yang biasanya cuma gue jawab dengan senyuman sok tegar :') Ngelihat sepupu-sepupu gue yang pada nikah muda itu awalnya bikin gue mupeng berat, ikut ngebet kawin juga jadinya hahaha. Karena lucuuu banget ngelihat mereka, masih mesra kayak pacaran sama suami/istrinya, plus udah halal pula jadi gak usah takut dosa, ditambah bayi-bayi mereka yang super imut. Nyokap gue juga sering nanyain, "kamu kapan mau nikah Kak?" yang selalu mantep gue jawab, "In Shaa Allah 23 atau 24 mah!" yang lalu dilanjutin dalam hati... *brb cari calonnya dulu* hahaha.

Tapiiiii.....

Setelah gue ngedenger cerita-cerita dari sepupu-sepupu gue itu, gue jadi berfikir ulang. Bahwa nikah muda itu sama sekali nggak gampang. "Jangan buru-buru deh kuro, nikmatin dulu aja masa-masa kamu buat nerusin sekolah, karir, ngumpulin uang, jalan-jalan, karena nanti kamu udah nggak akan bisa kayak gitu lagi." salah seorang sepupu, bilang gitu ke gue. Ah, iya, gue kalau dikeluarga biasa dipanggil kuro, karena kurus huhuhuhu (gak penting). Gue ngedengernya heran, karena dulu dia itu termasuk orang yang istilahnya ngebet banget waktu mau nikah. Dia juga bilang, "ah pas nikah mah beda banget sama jaman pacaran. Pas pacaran bisa aja baik kelihatannya, nah pas udah nikah belum tentu."

Selain itu, ada lagi cerita tentang... Intinya, ada yang udah sayaaaaang banget sama pacarnya gitu, udah pacaran hampir 3 tahun, udah punya rencana untuk nikah, tapi nggak direstuin sama orang tuanya. Bahkan sampai udah ngotot-ngototan tapi nggak ada yang mau ngalah. Di satu sisi, orang tuanya emang ngerasa ya nggak bisa ngelepasin anak perempuannya dengan si laki-laki itu, dan disisi lain si anak ini tuh udah, mungkin bahasanya udah "cinta mati" sama pacarnya. Wah berat banget deh masalahnya kalau udah menyangkut restu dan ridho dari orang tua menurut gue.

Nah, biasanya nyokap gue jadi tempat curhatnya tuh. Hahaha. Dari mulai orang tua-orang tuanya yang curhat ke nyokap, sampai si anak-anaknya. Jadi nyokap gue kayak jadi penengahnya. Dari situ gue banyak belajar buat mandang suatu masalah dari sisi-sisi yang berbeda. Sisi si A, si B, dan sudut pandang orang luar. Nyokap gue juga banyak nasehatin gue berdasarkan cerita-cerita itu.

Ngelihat realita itu semua, gue jadi makin hati-hati untuk nyari pendamping. Emang sih, masih lama juga secara umur gue masih segini hahaha. Tapi mungkin karena lingkungan gue juga yang udah pada dewasa, dari segi umur, jadi gue ikut-ikutan harus udah punya pola fikir yang dewasa juga. Kayak, ya contoh gampangnya temen-temen kampus gue aja sekarang udah sering banget ngomongin mau nikah umur segini, mau nikah kalau udah punya ini itu, bahkan pun udah ada juga yang mau nikah setelah lulus. (aaaakkk didoain banget supaya jadi pokoknyaaaa!!! :D) Nah, gimana gue juga nggak mulai mikirin kan?

Iya. Jadi menurut gue, sekarang, udah bukan masa nya lagi yang nyari pacar buat sekedar sayang-sayangan, nanyain udah makan belum, nganterin kesana-kemari, atau hangout berdua tiap minggu. Udah bukan jamannya lagi juga untuk pacaran yang masih was-was kalau dia nggak ngabarin, insecure takut dia selingkuh, ngambek masalah hal-hal sepele. Karena gue sadar, untuk hubungan yang serius, ada banyak hal yang jauh, jauh, jauh lebih penting dan besar untuk dipikirin. Gimana caranya menyiapkan diri untuk masa depan. Nanti kan kita harus mikirin, gimana caranya buat bayar KPR rumah, cicilan mobil, listrik, air, makan sehari-hari, belum lagi kalau udah punya anak, susu nya, pampersnya, sekolahnya. Waaaaaah... Gue kalau denger cerita sepupu-sepupu gue aja ikutan pusing. :')

Jadi, buat kamu yang sekarang lagi pacaran (yang katanya) serius, kalau pacar kamu ditanya "nanti kalau kita nikah gimana?" "yaaa pokoknya nanti aku mau punya mobil sendiri, trus rumahnya harus ada halamannya yang luas, dll, dll." menurut gue sih belum bisa diajak serius. Karena buat mencapai itu semua kan sama sekali nggak gampang. Emang sih kita boleh berandai-andai, tapi menurut gue sebuah pemikiran yang dewasa dan matang artinya udah bisa berfikir ngelampauin masalah-masalah yang sekedar itu. Karena masih banyak "akar" yang sifatnya lebih principal dibanding "punya mobil sendiri" atau lalalala nya.

Kata nyokap gue, pasangan kita itu akan jadi partner sehidup semati kita. Iya. Harga mutlak. Nggak pakai ada pikiran "ya nanti kalau ternyata nggak cocok kan bisa pisah." Ibarat sebuah kapal, laki-laki adalah nahkoda nya, tapi perempuan adalah si kapal itu sendiri. Mereka berdua harus bersinergis, nggak bisa dipisahin. Nahkoda harus bisa mengarahkan kapalnya ke jalan yang benar, dan si kapal juga harus bisa bertahan dari ombak dan sebagainya. Kuat, dan saling menguatkan. Kata nyokap gue sih gitu. Laki-laki adalah imam, kodratnya untuk berada di depan, melindungi keluarganya. Dan perempuan berada di belakang, menopang keluarnganya. Yah, begitulah kira-kira. Jadi, kita harus nemuin partner yang emang sama-sama satu visi dan misi sama kita. Bukan cuma untuk 5, 10 tahun, tapi sampai mati loh. Kayak kita traveling aja, harus disamain tujuannya, jangan sampai kamu maunya ke Semarang, dia maunya ke Jogja. Ya berangkatnya sih bisa bareng-bareng, lha tapi ntar di tengah jalan pisah dong?

Dari itu semua, menurut (kesotoyan) gue, akar dari sebuah hubungan yang sehat, dewasa, dan matang itu ada tiga. Konsisten, persisten, dan resisten. Konsisten, untuk selalu saling menyayangi pasangannya, saling mendukung, susah seneng bareng-bareng deh pokoknya. Persisten, untuk selalu mau berjuang, bareng-bareng, apapun ujian dan cobaannya. Dan juga resisten, untuk istilahnya "mati rasa" ke laki-laki atau perempuan lain yang dirasa lebih ganteng/cantik, lebih baik, lebih kaya, lebih sempurna, dll. Gimana sama cinta? Kalau menurut gue juga, selama hal tersebut terus dijaga, cinta akan selalu tumbuh menemani. Karena, untuk menjaga itu jauh lebih susah kan daripada mendapatkan? Gue salah satu orang yang setuju sama pepatah Jawa: "witing tresno jalaran soko kulino". Iya, cinta tumbuh karena terbiasa. Kalau kita dan pasangan kita sama-sama udah bisa istiqamah sama tiga hal tersebut, baru deh menurut gue dikatakan siap untuk berkomitmen menjalani hubungan yang serius. Kalau tiga hal itu udah sama-sama dipegang, gue sih yakinnya nggak akan ada lagi was-was takut dibohonginlah, diselingkuhinlah, dll. Hubungannya akan jadi tenang dan menenangkan. Akan membawa kebaikan.

Yah, itu sih cuma teori sotoy-sotoyan gue doang. Lha pacar aja belum punya, udah ngomongin nikah segala. Hahahahahaha hampura yeuh :') Tapi itu teori sekarang menjadi landasan gue buat masa depan gue nanti. Pasti kan kita pengen kita bareng-bareng sama pasangan kita nggak cuma di dunia aja, tapi bisa ketemu lagi di Jannah nantinya :') Apalagi, pasangan kita itu mencerminkan diri kita. Di Al-Qur'an juga Allah udah menjamin, bahwa yang baik itu untuk yang baik, pun sebaliknya. Belum pada siap yah? Iya, gue juga belum hahaha. Jadi, karena sekarang gue belum siap, gue mau mulai menyiapkan diri aja. Terus memperbaiki diri. Karena kamu nggak akan pernah bisa siap kalau kamu nggak pernah bersiap kan? :p

Jadi, kalau sekarang ada yang bilang mau nikah sama kamu, tapi nyatanya malah pacaran sama orang lain, menurut gue sih nonsense yah. Ya emang, jodoh salah satu hal yang udah ditakdirkan di Lauh Mahfuzh, kita nggak akan pernah tau. Tapi untuk bisa bertemu dengan jodoh kita, harus ada usahanya kan. Menikah itu sesuatu yang sakral. Nggak bisa omongannya semurah kacang goreng, harus bisa dipertanggung jawabkan. Nah dari hal itu, kamu harusnya udah bisa tau tingkat keseriusannya. Mana ada orang yang cita-citanya jadi dokter tapi kuliahnya malah jurusan ekonomi? :')

Sekali lagi ini cuma teori sotoy-sotoyan belaka. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata.

Sekian dan terima hujatan :')

You May Also Like

0 comments