Do Something, Make Something

by - April 25, 2014


Semua bermula dari pertanyaan seorang temen lama pas chat, "lo emang di kampus ikut organisasi apaan aja Rim?"

Pertanyaan yang bikin gue mikir cukup lama, iya ya, udah hampir 4 tahun gue kuliah, udah nyusun skripsi, udah mau ninggalin IPB, dan gue baru sadar...... gue nggak punya pengalaman organisasi apapun. :'))))

Don't count Himatesil in. Iya, gue emang seorang anggota Himatesil, tapi itu nggak bikin gue ngerasa punya pengalaman organisasi. Secara semua anak SIL yang udah ikut Pondasi (masa perkenalan departemen) otomatis tergabung kedalamnya. Jadi anggota berbeda dengan jadi pengurusnya, dan gue, bukan pengurus.

Trus gue keinget omongan Bang Gugi Yogaswara, mantan Ketua BEM Fateta waktu itu ke gue, "sayang banget Rim, kamu punya kemampuan tapi kamu nggak mau ngembangin." waktu gue nolak buat masuk BEM ataupun jadi pengurus Himpro.

Sederhanaaaa banget alesannya, kenapa gue nggak pernah mau masuk organisasi manapun selama di kampus. "karena gue nggak suka terikat." jawaban gue waktu mutusin buat ngundurin diri dari Departemen Hubungan Eksternal Himatesil, tahun pertama gue di SIL, sehari setelah terpilih. Jawaban yang bikin Ketua Himpro waktu itu, marah ke gue :((( dan bilang gue nggak profesional, dan akan di blacklist dari apapun kegiatan Himatesil.

Jadi begini. Gue sadar diri, gue emang bukan orang yang profesional. Yang bisa konsisten mencurahkan waktu, tenaga, pikiran, dll nya buat sebuah organisasi. Kalau kita mau gabung kedalam apapun gitu ya, yang pertama harus dilihat pasti kan ideologi nya, visi misi nya. I mean, ini organisasi value nya apa,output nya apa, sesuai nggak sama apa yang kita cari, gitu kan. Selanjutnya, kita harus komit sama tanggung jawab dan jabatan yang udah dikasih ke kita dalam organisasi, apapun itu. Naaah, gue nggak bisa yang kayak gitu. So yes, gue nggak profesional. Tapi kalau gue cari di KBBI, profesional itu orang yang melakukan sesuatu, dalam rentang waktu tertentu, dan dibayar sesuai upah yang telah ditentukan. Lah kan gue emang nggak dibayar, jadi? Hakhak :p

Tapi, nggak mau gabung organisasi bukan berarti gue cuma jadi kupu-kupu di kampus (re: kuliah-pulang, kuliah-pulang). Gue justru cukup sering "ngacak-ngacak" acara yang dibikin BEM sama Himpro, dengan ikut kepanitiaannya. Hahaha. Yes, it's like a love-hate relationship. Gue nggak mau jadi pengurus BEM/Himpro nya, tapi gue mau jadi panitia acaranya. :p

Menurut gue, yang ngerasa tersesat di dunia teknik padahal jiwa gue hura-hura, gue ngejadiin kepanitiaan suatu acara itu jadi tempat pelampiasan alter ego gue. Tempat dimana gue ngelepas penat sama perkuliahan, tempat gue ngembangin sisi lain di dalam diri gue, yang emang sesungguhnya passion gue. Wadah mengeksekusi ide-ide gila yang keliaran di otak gue.
I always love the idea of being an event organizer :))
Makanya gue nggak mau gabung di organisasi adalah, karena gue nggak mau organisasi malah jadi beban tambahan buat gue. Yang mengharuskan gue rapat rutin, nyusun proker setahun, dll nya itu. Nah kalau kepanitiaan kan beda, dia sifatnya cuma sementara aja, jadi jatohnya sebagai hiburan buat gue.

Gue anak teknik, tapi kepanitiaan yang gue pernah ikutin sama sekali nggak nyambung sama teknik-teknikan. Hahaha. Ini kalau di CV, udah nggak ada gunanya sama sekali mungkin :') Tapi gue seneeeeeng, dan ada kepuasan sendiri pas ngejalaninnya. Ini sebagian acara yang pernah gue acak-acak selama di kampus :D

1. TPB CUP 2011
Kepanitiaan pertama gue di IPB! :D Sekaligus memorable sekaliiii. Waktu itu pertama kalinya gue, yang masih an-sos, diwawancara sama anak-anak BEM trus masuk di divisi Humas & Sponsorship. Dan gue sama sekali nggak nyeseeeeel. Karena apa? Karena gue punya temen-temen baru di Humas yang kocak, asik, dan baiknya ampun-ampunan deh. Mulai dari kadivnya yang (sok) cool & ganteng, Agung, trus ada Ega yang stress, Didit yang lembuuut, Aan yang baiiik banget, Au yang keibuan, Dinda dan Ica yang asiiiik. Gue mulai belajar banyak soal birokrasi dan sponsorship. Gimana caranya ngelobby petinggi-petinggi kampus, sampe jadi sales ke perusahaan-perusahaan. Kita (ngakunya) jadi divisi terkompak dan tersukses di TPB CUP, dengan berhasil ngegaet BNI, Bumbu Wangi, Perhutani, The Jungle, Paparons Pizza, dan Sosro jadi sponsor-sponsornya. Wuiiih, semua kerja keras dan "insiden kontrakan" terbayar lunaaaas! :D

2. Aksi Mahasiswa Nusantara (AWAN) 2011
Setelah TPB CUP, ada satu proker lagi dari dept. Senbud nya BEM TPB, yaitu Awan. Kalau TPB CUP olahraganya, naaah Awan ini seni nya. Semenjak ikut TPB CUP gue jadi kenal deket sama anak-anak BEM Senbud, makanya di Awan ini gue dimasukin lagi jadi panitia. Dari anggota humas, gue di Awan dipindah jadi ketua divisi acara. Pengalaman baru lagi buat gue. Kali ini gue harus berurusan sama keseluruhan jalannya acara. Dari mulai konsep, konten, tempat, waktu, logistik, jobdesk divisi-divisi, peserta, juri, sampai audience nya. It's stressing :') Setelah banyak banget cobaan dan pesimisme, ditambah berantem sama DPM hakhak, gue sedikit terkejut ternyata si AWAN ini bisa sukses juga dengan penonton yang bahkan nggak muat di audit Sylva. :')

3. Fateta Social Act 2011
 Ini pun gue lupa acaranya apaan hahahahahaha :'))) Pokoknya tiba-tiba jadi panitia bareng Tami & Maya, pas awal masuk Fateta. Itu juga nggak dateng pas acaranya, cuma beli kaos panitianya doang hahahahaha ampun :')))))))
4 & 5. Red's Cup 2011 & 2012

Dua kepanitian tergabut gue :'))) Sampe nggak enak hati sebenernya hahaha. Yang 2011 gue baru masuk ke Fateta, dan diajak sama Hafiz TIN buat "tiba-tiba" gabung di kepanitiaan yang udah jalan dari 2 bulan sebelumnya, ditaro di Humas. Itu nggak jelas banget, dan gue cuma dateng pas pembukaannya doang hakhak. Yang 2012 gue di acara, kontribusinya juga nggak jelas karena suka ilang-ilangan pas rapat :'p jadi cuma berguna buat jadi MC pembukaan, bareng Gideon. Huehehe maaf ya Fateta :")

6. Himatesil Goes to ITB 2011
Ini magang pertama gue di Himatesil, waktu itu kita belum di oprec buat jadi pengurus. Gue masuk di divisi PDD trus tugasnya cuma disuruh bikin kalung-kalungan dari permen buat games :"))))) sama ngedokumentasiin pastinya, yang berakhir dengan lebih banyak foto selfie gue dibanding acaranya. Hahahahaha.

7. Bina Bakti Himatesil 2011
Awalnya gue agak takut buat ikutan, karena kan kata si abang itu gue udah di blacklist. Tapi akhirnya gue ikut gabung di SIL Mengajar. Tugas gue jadi MC sama Hafil dan Cane di SD, kita ngajarin buat menjaga lingkungan, hidup bersih dan sehat, juga main bareng pastinya. Seruuuuuu bangetttt! Gue masih inget jargon dan gerakannya loh hakhakhak :D

8. Techno-F 2012
Setelah lama vakum dari kepanitiaan, gue ngerasa butuh ngerefresh otak. Naaah di TF 2012 inilah gue nemuin "surga" pelarian gue. Gue nggak tau mesti ketawa atau nangis gabung di Tim Kreatif bareng Wildan, Sony, Imam, dan Muke. Hahahahahaha. Udah beberapa kali gue ceritain tentang TF disini dan disini :DDD

9. Pondasi 2012
Ini kepanitiaan terbentuk hampir barengan sama TF, ngebuat gue harus ngebagi diri jadi 2, bahkan 3 sama ICEF juga, untuk mikirin masing-masingnya. Dicatut dengan paksa oleh Cane jadi anggota divisi acara, yang isinya hahahahahaaha... Lagian digabungin sama Maya dan Tami, ya jadinya begitu kan hahahahaaha :'))))) Oh ya, kalo ikut panitia di SIL enak, nggak kerasa kerjanya. Lah orang nggak ada yang kerja, suka males semua hahahaha. :P Prinsip anak SIL itu: seloooowww. Jadi ya kadang suka semau-maunya :")

10. Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) 2012
Lagi-lagi, ini semua salah Cane dan Tami yang semena-mena ngejadiin gue ketua divisi Sponsorship. Salah satu acara besar yang bikin gue mumeeeettt banget. Cerita perjuangannya ada disini dan disini :"))) Perjalanan yang bener-bener panjang, tapi alhamdulillah berujung dengan happy ending :"D

11. IPB Art Contest (IAC) 2013
Wow. wow. wow. Ini ibarat penutup, dan belum pernah gue ceritain lagi kelanjutannya disini karena..... terlalu banyak hal-hal yang terjadi :")))) Menjadi ketua divisi acara sebuah acara seni bukan hal yang baru buat gue, tapi yang baru pertama kali gue alamin adalah gimana rasanya semua konsep, konten, segala tetek bengek acara yang udah lo bikin mateng, berbulan-bulan, tiba-tiba mentah cuma dengan satu perintah dari rektorat.
Tapi justru disinilah gue ngedapetin banyak banget pelajaran berharga, asli. Gue nangis udah tiap hari kali pas IAC itu, udah sempet ngundurin diri, udah sakit, udah hopeless. Bayangin aja, acara lo udah tinggal 2 minggu, udah deal sama guest star, gue sebutin aja waktu itu rencananya kita mau ngundang Mocca buat MPI nya, trus tiba-tiba rektorat nyuruh lo ngubah acara itu dengan gabung sama TIGA acara besar lainnya. Gimana nggak stress?
Beruntunglah gue punya anak-anak acara, yang walaupun masih pada kecil-kecil dan minim pengalaman, tapi mental nya baja semua. Hahahaha. Aaaakkk ibu suri sayang kalian pokoknya :')))
Setelah jatuh bangun begituuu dahsyatnya, empat acara yang digabungin, yaitu IPB Art Contest, IPB Festival, IPB GreenFest, dan Dies Natalis ke-50 IPB malah bisa jadi satu acara yang besaaaaaaaar banget, dengan 4 panggung berbeda, dihadirin 10.000 orang, yaitu FESTIVAL KAMPUS. :))))
Dan buat gue itu suatu kebanggaan. Karena nyatuin 4 acara, 4 konsep, 4 output, dalam waktu 2 minggu itu sama sekali nggak gampang, bisa dibilang nggak mungkin bisa malah. But we did it! Dan puncaknya, MPI yang akhirnya tanpa guest star (karena gabungan konten acaranya udah terlalu banyak dan nggak dapet izin dari rektorat) pun ternyata masih bisa sukses dan ditutup dengan manissss banget oleh pelepasan lampion dan pesta kembang api. Mungkin IAC nya sendiri emang beda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi itu jutsru jadi kekuatan buat gue, good or bad, we were making a new history anyway, right? :P

IAC jadi penutup petualangan gue selama 4 tahun berkepanitiaan di IPB. Pengalaman dan pelajaran yang gue dapetin bikin gue bersyukur, dan berterimakasih sama orang-orang yang udah ngasih kesempatan ke gue, yang udah mempercayakan tanggung jawab-tanggung jawab itu ke gue. Gue banyak banget dapet ilmu baru. Kayak major gue teknik, tapi gue dapat minor public relation, sponsorship, event organizer, desain, komunikasi, sampai manajemen. 

Nggak cuma kepanitiaan aja, gue juga berterimakasih banget sama.... entah siapa yang mulai ngejadiin gue sebagai MC sih? Hahahaha. Dari mulai Buka Bersama SIL, SIL Expo, BBH, Pondasi, Red's Cup, Techno-F, ICEF, sampe Fateta of the Year. Padahal gue sama sekali nggak punya basic ngemsi. Boro-boro, dulu waktu sekolah, maju presentasi aja gemeteran. Hahahaha.

Kalo disuruh milih, mana yang paling menyenangkan? I will, undoubtly say, jadi TIM KREATIF! Hahahahaha itu yang kerjaannya nyenengin banget. Pusingnya juga pusing tapi nyenengin. Lha orang ngurusinnya bikin theme song, bikin yel-yel, bikin joget-jogetnya, bikin acara seru-seruan, bikin ice breaking, pokoknya bikin yang imut-imut dan lucu biar hati semua orang riang gembira kan :D :D :D

Last,

Yes, I learned a lot.

Tambahan,
Teamwork, adalah yang paling penting ketika lo bekerja. Kita harus bisa banget ngesampingin ego masing-masing, dan ngelebur jadi satu sama rekan-rekan se-tim. Saling percaya, saling ngedukung, tau porsi kerjaan masing-masing, dan bertanggung jawab adalah kunci sukses kekompakan sebuah tim. Dan emang, untuk bisa mencapai itu, kita butuh orang-orang yang karakternya cocok sama kita, kalau dipaksain, pasti deh males-malesan bahkan hilang-hilangan.
Public Speaking, gimana caranya kita menyampaikan sesuatu ke audience. Entah ke birokrat, atau pas ngejaring sponsor. Humas & Sponsorship harus pinter, dan sabar-sabar dalam ngelobby. Pengalaman gue sih, entah kenapa, tapi kalau cewek itu emang lebih gampang ngerayu ya hahaha. Sementara buat jadi event organizer, kita nggak cuma dituntut punya ide yang bagus. Tapi gimana cara kita bisa menyampaikan ide kita, dan mengeksekusinya. Jadi harus pinter menyalurkan pemikiran kita biar bisa dicerna oleh rekan-rekan kita. Nah, pas lagi jadi MC, jelas public speaking diperluin banget, gimana caranya kita bisa narik perhatian audience kita. Apa harus ngelucu, harus formal, harus interaktif, dan harus sabar kalo "krik-krik". Hahahaha
Decision Maker, hal yang harus dimiliki sama seorang pemimpin. Ketika lo bertindak sebagai penanggung jawab, lo akan sering denger pertanyaan "ini gimana" dan "kalo gini gimana". Kita harus bisa berfikir cepet, dampak-dampaknya, perbandingan-perbandingannya, sebelum akhirnya harus ngambil keputusan. Seize the opportunity, berani ngambil resiko. Dan itu samaaaa sekali nggak gampang, gue stress banget kalau udah disuruh ngasih keputusan. Heran deh kenapa banyak banget yang mau jadi presiden :')

Yah begitulah, mungkin gue belum punya pengalaman dalam berorganisasi, tapi gue bersyukur empat tahun gue udah dikasih kesempatan buat ngacak-ngacak acara dari berbagai organisasi, dan dapet banyak banget pelajarannya, just do something, and make something. All that lies in it is eternal :D

(fotonya nggak maksimaaaal :( efek males buka facebook huehe)

You May Also Like

0 comments