Renungan Dua Anak Manja

by - Januari 03, 2013

Life has its ups and downs... Sometimes you flying high, and sometimes you fall to a deep hole. But when you have a bestfriend who always walk by your side throughout this whole journey, then you have nothing to worried. Because all's worth it.
-Rima, to @tamidwii

Ketemu setiap hari, dari bangun tidur sampai terkadang tengah malem bikin gue dan Tami udah paling kenal, ngerti, dan hafal satu sama lain. Semua cerita-cerita yang dialamin gue maupun dia, pasti sama-sama udah khatam. Ketawaan ngobrol ngalor ngidul, sampai nangis berduaan pas curhat-curhatan tuh udah jadi rutinitas sehari-hari. Walaupun kadang topiknya nggak jauh-jauh, muter itu-ituuuuuuu aja, somehow I never got bored.

These past days, gue dan Tami, entah kebetulan atau apa sama-sama mengalami...... Apa ya? Bisa dibilang masalah yang berat, yang membuat kita berdua sama-sama down banget. Biasanya yang banyak bermasalah selama ini tuh gue, dan Tami adalah seorang pendengar yang super baik dan sabar ngedengerin semua curhatan dan unek-unek gue, tapi kali ini dia pun ngerasain hal yang selama ini gue rasain. Situasinya kebalik. Kali ini gue yang harus bisa menjadi seorang pendengar yang baik buat Tami, yang bisa nguatin dia disaat lagi titik terendah gini. Karena gue tau banget rasanya. Been there, for quite some times make me really understand how it feels to be in that situations....

Dengan adanya masalah-masalah itu, akhir-akhir ini gue sama Tami jadi sering merenung. Biasanya topik obrolan kita nggak jauh-jauh dari si ina ini itu, tapi sekarang berkembang banyaaaaak banget. Bukan tentang orang lain, atau hal-hal lain yang selama ini sering kita komentarin. Tapi kali ini, kita sedang sibuk mengomentari diri kita. Ya, ada yang salah disini.
 
Mungkin emang sifat alami cewek ya, yang terlalu ngandelin perasaan sampai kadang ngelupain logika. Dikit-dikit dipermasalahin, masalah kecil dibesar-besarin, daaaaaan sebagainya. Gitu juga dalam ngejalanin hubungan. Gue sama Tami sama-sama masih childish, dan gara-gara itu jadi banyak masalah-masalah yang muncul. Terlalu banyak meminta, ekspektasi yang terlalu tinggi, membuat kita berdua mungkin kadang kebablasan dan jadi bersikap semena-mena. Ketika orang lain nggak bisa memenuhi keinginan kita, atau melakukannya dengan cara yang berbeda dengan yang kita mau, langsung deh..... Duarrrrrr! Dan setelah kita kehilangan orang yang kita sayang, baru deh muncul penyesalan yang besar banget. 
 
Kok kita kayak gitu ya? Kenapa cuma mentingin diri sendiri doang, tanpa mikirin gimana kalo ada di posisinya dia? Kenapa nggak bisa ngeliat dan ngehargain usaha-usaha dan semua kebaikan yang udah dia lakuin?

Memang pada dasarnya punya sifat yang manja, dan diharuskan hidup jauh dari orang tua bikin kita berdua kadang ngerasa..... a lil bit lost. Beruntungnya kita punya temen-temen, maaf koreksi, keluarga yang sehebat, sebaik, se-........ wow, gue bahkan nggak punya kata-kata yang bisa ngegambarin gimana beruntungnya gue berada ditengah-tengah SIL 47. Ini bukan sekedar kelakar biasa, tapi memang itulah yang gue, dan mungkin anak-anak lain rasakan.

Dan nggak tau kenapa, mungkin karena emang gue dan Tami yang sehari-harinya masih bersikap kekanak-kanakan dan manja, ah iya, plus selalu riweuh, bikin anak-anak SIL 47 yang lain kayak ngayomin kita berdua. Gue ngerasa diperlakukan dengan sangat baik, kayak punya abang dan teteh sebanyak 59 orang. Gimana nggak bahagia sih, dikelilingin sahabat-sahabat yang sebaik dan setulus mereka? Susah, seneng, udah gue lewatin bareng-bareng. Emang nggak ada yang ngeraguin gimana kompaknya SIL 47. Mungkin dari luar kami terlihat apatis, tapi didalamnya... Kami punya ikatan yang sangat kuat satu sama lain. Nggak ada yang nggak baik, serius. Terlebih anak-anak WHK. Mereka udah kebangetan sabar kayaknya ngadepin gue dan Tami yang selaluuuuuuuuuu ngerepotin. Nganter-jemput kesana-kemari, nolongin ini-itu, semuanya mereka lakuin, tanpa ngeluh dan pamrih! "Udah kuat kita mah ngadepin lo berdua, udah paham banget." Agi pernah ngomong kayak gitu. :") Jujur, baru kali ini gue ngerasain rasa sayang yang sesayang ini sama mereka semua.

Tapi karena itulah, karena ke-terlalu-baik-an mereka, dan perlakuan istimewa yang selalu kita dapetin, bikin gue dan Tami jadi kebiasaan manja, ngerepotin. Dikit-dikit minta tolong ini itu. Sampai omongan Ajib tadi siang, yang mungkin sepele, dan Ajib keluarin gara-gara dia lagi capek, tapi cukup bikin gue dan Tami tersadar. "Manja banget sih! Kan bisa sendiri!" Pas gue minta anterin pulang. Iya, emang manja banget, masa cuma gara-gara panas habis praktikum aja ngerengek-ngerengek minta anter, padahal kan seharusnya bisa sendiri. Hal itu yang bikin gue dan Tami tersentak lagi. 
 
Iya ya, kok kita kayak gini? Umur udah segini, udah mau semester 6, tapi kok kelakuan masih kayak anak SMP? Masa apa-apa harus minta tolong orang, dikit-dikit ngeluh... Kenapa nggak bisa mandiri?
 
That's it.

Itu yang memenuhi otak gue dan Tami belakangan ini. Semakin kita mikir, ngerenung jauh ke dalam pikiran, mengingat kembali semua hal-hal yang udah kita lakuin.... Akhirnya kita sampai ke satu kesimpulan: kita nggak boleh gini terus. Mau sampai kapan? Mau sampai kapan cuma ngelihat satu masalah atau kejadian cuma dari sudut pandang kita sendiri doang? Mau sampai kapan cuma mentingin apa yang kita mau, tanpa mengapresiasi apa yang udah orang lain kasih untuk kita? Mau sampai kapan terus-terusan mengandalkan orang lain?

Mungkin orang-orang yang mengenal dekat kita bisa menerima dan memaklumi itu, tapi nggak semua orang kayak gitu kan? Jadi, mulai sekarang.... Iya, mungkin ini terlambat, tapi lebih baik daripada nggak sadar sama sekali kan? Gue dan Tami berusaha berubah, memperbaiki diri masing-masing, saling mengingatkan. Bahwa udah waktunya kita belajar untuk mandiri, berdiri di atas kaki sendiri. Bukan, bukan karena nggak ada orang yang mau menopang kita dari belakang. Gue yakin banget, gue punya 60 sahabat, keluarga besar SIL 47 yang selalu siap sedia ngelakuin hal itu. Tapi udah waktunya kita belajar melakukan hal yang sama untuk orang lain. Dan dengan semua ini, kita berdua belajar juga untuk mikir jauh ke depan atas apa yang akan kita ucapin atau lakuin. Karena kita sama-sama udah ngerasain rasa penyesalan yang sangat besar akibat keegoisan diri sendiri.

Untuk Tami:
Jadi, bebs.... Fighting! :D Gue yakin kita pasti bisa berubah jadi lebih baik lagi. Pokoknya mulai sekarang harus bersikap dewasa, nggak manja-manja dan nggak riweuh-riweuh lagi ya... Kalo mau ngapa-ngapain atau ngambil keputusan yang penting, baca post ini, biar kita mikir panjang dan selalu inget untuk nggak cuma mandang sesuatu dari sudut pandang kita sendiri aja, oke? :D

I can't imagine what we would be if we grow old, someday... Hahahaha :P
Whatever happens, it doesn't matter, as long as you're here with me, and vice versa.
Don't worry Tams, I always got your back ;;)



You May Also Like

0 comments