#TwentyAgain: Recap, Review, and Thoughts

by - Oktober 20, 2015



Beberapa minggu lalu gue pernah nulis di twitter, kalau gue bakalan. bener-bener. nulis tentang #TwentyAgain di blog. And here I am.

Gue cinta banget sama drama Korea. Hakhak. Saking cintanya, gue lebih betah ngejomblo daripada kehabisan drama dan nggak tau mau nonton apah. IYALOH. :’’)) Tapi dari sekian banyak drama yang gue tonton, dari sekian cowok-cowok ganteng yang bikin mata gue melek, dari sekian cerita romantic-comedy favorit yang bikin senyum-senyum geli sendiri, gue nggak pernah niat buat bikin rekap atau review atau apapun lah bahasanya, dalam sebuah post panjang gini.

Ini pertama kalinya, and #TwentyAgain just deserve it. Gue pengen banget nyuruh semua orang nonton drama ini, bahkan yang nggak suka drama sekalipun. Kenapa?  #TwentyAgain is a simple story about a woman and her road to self-discovery an uplifting, emotional journey. As a woman, as a wife, as a mother.

Plus... This movie has.... HIM!!!!



PERFECT KAAAAAN <3


*****


Singkat cerita, pemeran utamanya, Ha No-Ra (38 tahun) ini ibu-ibu yang dulunya nikah muda habis lulus SMA, punya suami namanya Kim Woo-Chul dan anak laki-laki yang baru masuk kuliah, Kim Min-Soo.

No-Ra sama suaminya lagi dalam proses mau cerai. Alasannya? Karena si suami bilang kalau mereka berdua nggak bisa nyambung komunikasi, beda strata, because he is a professor in college, and No-Ra just an uneducated housewife. Nah biar bisa sederajat sama suaminya, si No-Ra ini akhirnya diem-diem ikutan tes masuk kuliah, dan keterima di kampus yang sama bareng anaknya, sekaligus tempat suaminya ngajar.

Di kampus itu juga, dia ketemu sama temen SMA nya dulu, and also her first love, Cha Hyun-Suk yang ternyata juga masih cinta sama No-Ra (iye, bagian ini klise banget emang, tapi nyenengin kaaan hoho), sampe akhirnya tau kalau suaminya, Woo-Cul selingkuh selama tiga tahun sama salah satu profesor di kampus itu, Kim Yi-Jin.




The problems in #TwentyAgain aren't huge or dramatic, it's just a realistic story that centered one person, Ha No-Ra. I love the character developments, from the first episode to the finale. She's growing in me.

Gue ikutan ketawa sama ke-naifan seorang ibu-ibu yang baru ngerasain dunia kuliah, gue ikutan pengen ngejambak suaminya yang sok kegantengan dan sok laku, gue ikutan gemes ngelihat No-Ra yang diem aja tau suaminya selingkuh, gue ikutan nyesek sekaligus keinget nyokap gue sendiri di adegan No-Ra sama anaknya, everything in that story is just well-putted in their own places.

Karena gue juga anaknya drama abis, gue gampang banget kebawa suasana sama film, buku, apapun. And seeing this movie, I learned a lot.


*****


Yang nonton film ini, pasti juga kzlll banget, why is Nora loving a guy like Woo-chul. But Woo-chul became Nora’s entire universe at 18, and she has been living with thim for 20 years. Clearly the idea of divorce terrified her.

But I love after she’s experienced more of the real world, reassessed her life, found friends, and reclaimed a little of her old self, she can see everything crystal clear, understanding things with different perseptions, and eventually... dare to let Woo-Chul go.


Apalagi waktu No-Ra ketemu sama Yi-Jin, selingkuhan suaminya dan bilang.......


COLD. EMOTIONLESS. YASSSSHH YOU GO GIRL!


Gue nangis bombay (IYE LEBAY HAHA) setiap scene No-Ra dan Min-Soo. Hubungan ibu-anak ini yang menurut gue paling riil dan ditemuin sama semua orang. Kita tuh kadang (bahkan sering) take our mom for granted. Karena kita udah kebiasa, selama hidup diurusin sama nyokap, kita jadi nggak ngehargain dan lupa sama jasa-jasa Beliau.



Dan setiap orang tua, nggak ada yang mau ngebebanin anaknya. Karena itu, ada masalah seberat apapun, pasti orang tua berusaha mendem sendirian, sementara kita sibuk sama dunia kita. We left them alone, and lonely. Tapi yang namanya orang tua, akan tetep pengen yang terbaik buat anak-anaknya, akan tetep inget sama anaknya, seberapapun kita lupa sama mereka.



Jadi gue ikutan bahagia ketika dalam film ini, hubungan No-Ra dan anaknya makin lama makin baik, dan jadi erat banget. It’s so heartwarming :”) Sekaligus jadi pengingat buat gue sendiri. When we hit adulthood, we start to see our parents in different view. We become understand how they feel.



She’s now confident enough to choose herself over Woo-chul. And THAT puts the biggest smile on my face. Apalagi pas Woo-Chul nyesel udah nyia-nyiain No-Ra, dan pengen balik lagi (walaupun he’s just so full of himself until I can’t really hate him because he’s sooooo..... stupid XD).



But you know, all relationships grow too familiar and eventually get taken for granted. We just got back to our senses IF we lost them. And if, that relationship breaks down and lost, now gifts or belated efforts or deepest regrets will become... meaningless. It’s all too late.



Dan ketika kita terlalu jauh dan dalam berada dalam satu hubungan, we often lost ourself in it. So there will comes a time, when we need to take it off. When we have to give it a rest, to re-discover ourself. Alone.



And if it necessary, we have to move on too. To see what will wait for us in the future. As cliche as it sounds, but everything will fall into its place, in the perfect time.






******

Pada akhirnya, it’s all happy ending. No-Ra nemuin dunia dan cinta baru sama Hyun-Suk (I APOLOGIZE NOT TALKING MUCH ABOUT THIS GUY BUT THIS MR. DIMPLES IS THE BEST AND THE CUTTEST PARTNER EVER YOU SHOULD WATCH IT YOURSELF).



Min-Soo berusaha nemuin apa cita-citanya, as he’s only 20 years old so he’ll have much times to it. Bahkan nggak tau kenapa gue ikutan seneng si Woo-Chul balik lagi ke selingkuhannya, Yi-Jin. Hakhak. Well, they were together for 3 years so.... let them be. :’) They’re clearly living in a different world than the rest of the cast.




For saying goodbye to this show, is quite hard. I’m too attached to #TwentyAgain. But I shall thank all the cast, the crews, THE WRITER, for giving us such a great great lessons through amazing movie.


We don’t have to go back and fix all the things we regret. The future is not determined by the past.




 We just have to see ourself clearly, and choose exactly what we want to be. Because we just have only one life to live, so forge our own path and grab onto love we see it.




\
My rating for #TwentyAgain: 10/10. I urge everyone to watch it, immediately! Go go!

Until next time, Ha No-Ra and Cha Hyun-Suk. :'')))

You May Also Like

0 comments