We Are Not The Center of The Universe

by - November 01, 2015




Nothing is important, selama kita nggak punya interest sama suatu hal. Tapi premis itu juga bisa jadi kebalikannya. Nothing is UNIMPORTANT, selama kita bisa lebih mengerti dan memahami hal tersebut.


*****


Nggak kerasa, 10 bulan saya berkecimpung di bidang jurnalistik. Walaupun belum bisa dibilang jurnalis-jurnalis banget, tapi saya buanyaaaakkk banget dapet pengalaman dan pelajaran berharga, yang rasanya sayang banget kalau nggak saya tulis disini. (Finally I succeed to beat my laziness huehehe :P)

Jadi kemaren saya baru aja ngeberesin dokumen-dokumen di pc kantor, dan tersadar kalau saya selama ini udah nulis ribuan berita, artikel, dan segala macem tulisan lainnya. 2179 tulisan, to be exact! Itu belum apa-apa buat seorang penulis, mungkin, tapi buat saya yang masih busa-busa sabun ini, it feels UNREAL! Gile, ini blog aja udah tiga taun lebih, isinye kagak nyampe 100 ahahahaha. And for each of my writing, THERE’S A LOT OF THOUSANDS PEOPLE WHO READ IT. I feel so grateful, yet responsible of that.

Tapi intinya bukan itu sih. Intinya sampe sekarang pun, saya masih nggak ngerti apa inti dari tulisan saya. HAHAHA.

Waktu pertama dapet kerjaan di media online ini, orang tua saya, saudara-saudara, dan temen-temen mempertanyakan. Kalaupun saya tiba-tiba nyemplung di dunia yang jauh banget dari latar pendidikan saya, kenapa saya nggak masuk ke media yang udah ketauan gede macem Kompas dan Tempo sekalian. Jawaban saya satu: LAH SIAPA GUE. I mean, saya nggak punya basic apa-apa tentang menulis dan jadi jurnalis, nggak tau seluk beluk media, nggak punya pengalaman jurnalistik apapun sebelumnya, masih bener-bener nol.

Saya sering banget dapet pertanyaan, “Rim, kerjaan lo ngapain sih?”, tiap saya apdet-apdet di medos. IYE, kerjaan saya emang makan gratis, nonton film gratis, dateng ke konser gratis, nyobain barang-barang gratis, dan gratisan-gratisannya. Hakhak. Kalau kata temen kuliah saya, “Si Rima mah kerjaannya enak siah, kayak anak lagi studi tur. Tinggal dateng, nulis resume, kelar.”
He euh, bener banget, KELIHATANNYA emang gitu doang. Ahahahaha :p

Tapi sesungguhnya kawan, dibalik itu semua................................ :”))) :’’)))

There's always a price to everything.


***


10 bulan ini...

Saya belajar banyak banget tentang menulis. Dari ribuan tulisan itu, banyak yang nggak lolos scanning buat di publish sampe kadang-kadang  KZL sendiri. Banyak yang di edit dengan sangat kejam oleh editor saya sampe saya ngenes sendiri, PAK, TADINYA TULISAN SAYA BUKAN MAU NGEBAHAS ITU. Baaaanyak banget pelajarannya. Awalnya saya pikir, ah gampil, tinggal nulis doang. Tapi ternyata, menulis yang baik dan benar itu butuh belajar.

Saya sampe sekarang belum tau gimana caranya bikin tulisan yang bagus, baik, dan benar. Tapi yang saya setiap hari pikirin adalah, gimana caranya, maksud dan tujuan saya, informasi dari saya, opini saya, bisa sampai ke orang yang baca. Gimana caranya, orang bisa baca dan mau tulisan saya dari awal sampai titik terakhir. Gimana caranya, orang bisa tertarik untuk mencari tulisan saya lagi.

10 bulan ini....

Saya belajar banyak banget tentang apa yang terjadi di dunia, setiap harinya, setiap jam nya, bahkan setiap menitnya. Saya udah beberapa kali pindah tugas, dari di dunia anak muda, musik, film, fashion, lifestyle, sampe yang terakhir, saya di rotasi ke desk politik dan internasional. And those.... was. a. super. priceless. and. crazy. experiences!

Khusus di desk terakhir ini, internasional, yang paling pengen saya tulis (KARENA BANYAK BANGET UNEK-UNEKNYA HAHAHA). Awalnya, saya desperate dan nggak terima banget dapet tugas itu. Dari sekian banyak, KENAPA GUEEEHHH. Tau apa gue tentang kabar dunia? Bukan, bukan tau, tapi “peduli” apa gue tentang kabar dunia?

Di hari-hari pertama gabung desk internasional, saya bener-bener nggak ngerti apa-apa. Kayak, just five minutes ago I didn’t know who the heck Malcolm Turnbull is, then five minutes later, I wrote an article about him. (BTW, LO TAU NGGAK SIAPA TURNBULL, TANPA LIAT GOOGLE? BUKAN, BUKAN ABANGNYA PITBULL)

Selama ini gue cuma sekedar tau, di Suriah lagi ada perang. Tanpa gue tau seluk beluknya, kenapa bisa terjadi, gimana perkembangannya sekarang, dll.

Selama ini gue nggak peduli sama ekonomi China, yang gue tau cuma China banyak banget ngeproduksi barang KW. Hahaha. Dsb. Dsb. Dsb.

But you know what, prove this world is so much bigger than we thought it was. Di saat saya nulis ini, ada ribuan pengungsi dan imigran yang lagi desak-desakkan dalam kondisi nggak layak buat nyari suaka aman ke Eropa. Di saat kamu baca ini, Korea Utara lagi ngegali terowongan buat nguji senjata nuklirnya. Di saat kita lagi sibuk ngegalauin mantan dan gaji yang kurang buat seneng-seneng, ada jutaan anak Palestina yang berjuang bertahan hidup di tengah-tengah perang.

Dan 10 bulan ini.....

Saya belajar banyak tentang menjadi seorang pendengar. Saya belajar banyak tentang menjadi seorang penyampai pesan.

Namanya jadi reporter, kita harus mau dan siap disuruh buat ngeliput apa aja, bukan cuma numpang nonton film yang saya suka, bukan cuma dapet tiket konser gratisan buat dipamerin ke sosial media. Jauh, lebih dari itu. Nggak jarang saya ngantuk-ngantuk, bosen, sampai desek-desekan di acara konferensi pers, seminar, ngejar-ngejar narasumber, dll-dll.

Tapi gimanapun saya nggak tertarik, dan nggak ngerti, dan ngerasa nggak penting-nya suatu acara itu, saya belajar buat melihat nggak cuma diri saya aja. Buat orang-orang, perusahaan, lembaga, band-band, artis, dll, di acara itu, that event could be their precious step, their memorable experience, their live-or-die chance.

Dan walaupun saya nggak tertarik, nggak ngerti, nggak ngerasa penting, masih ada orang lain yang mau, atau butuh berita itu. That could be an important news for them. Bahkan walaupun cuma ada satu orang yang tertarik sama sebuah pemberitaan, saya tetep punya tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan.

Menjadi seorang pendengar yang baik, saya pelajari dari setiap wawancara yang saya lakuin. Saya belajar untuk menyimak, memahami, dan merasakan cerita yang disampein sama mereka. Saya percaya, setiap orang butuh didengerin, tanpa perlu untuk dicekokin terlalu banyak pertanyaan ini itu. And that’s why I enjoy the most interviewing people. I didn’t ask much, but I always got a lot of answer and explanations. Saya banyak banget terinspirasi dan termotivasi.

Dari beberapa bulan pekerjaan pertama ini, saya belajar banyak hal yang bahkan nggak saya pelajarin di belasan tahun masa sekolah saya, yaitu: Belajar melihat dunia. Dengan lebih luas.

Nggak ada yang nggak penting, tergantung dari sisi mana kita mau melihatnya, tergantung dari sejelas apa kacamata yang kita gunain, tergantung dari seberapa peduli kita dengan hal tersebut.



Semoga saya, dan kamu semua, bisa lebih banyak belajar, lebih banyak bersyukur, lebih banyak peduli dan berempati, serta lebih banyak memahami bahwa ada hal-hal yang mungkin menurut kita nggak penting, tapi menjadi begitu berarti buat orang lain.


And clearly, we are not the center of the universe.


You May Also Like

0 comments