Bukan Sekedar Peresmian

by - September 01, 2012

Cerita ini terjadi pada tanggal 7 Agustus 2012 kemarin, satu lagi momen indah yang berhasil terekam oleh memori.

*tuang memori ke pensieve nya Dumbledore*

Setelah gue dan beberapa anak-anak SIL berpetualang ke air terjun beberapa waktu yang lalu, kita jadi kepikiran buat bikin kegiatan-kegiatan rutin kayak gitu. Tau kan, hidup menjadi mahasiswa teknik dengan segala aktivitas dan rutinitas yang tidak pernah lepas dari hiruk pikuk membuat kita jadi seret akan hiburan. Kadang otak ini pun perlu untuk di refresh dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan, semacam sweet escape dari dialy routines lah. Naaaah, berlandaskan hal itulah kita sepakat untuk ngebentuk sebuah adventure club di SIL, yang harapannya bisa menjadi wadah untuk semua anak-anak SIL nyalurin ide-ide kreatif mereka, sebagai wadah untuk anak-anak SIL yang senang dengan petualangan khususnya di alam, dan diharapkan jadi wadah sebagai pemersatu SIL juga tentunya.

Sekitar tanggal 4 atau 5, I forgot, gue dapet sms dari Miro. Gue, Tami, dan Miro emang udah punya rencana lama untuk bikin kegiatan bakti sosial, dan sms Miro itu ngingetin untuk disegerain realisasinya karena waktu itu SP udah mau selesai dan menjelang liburan. Miro juga ngusulin, gimana kalo baksos nya diadain sekaligus peresmian adventure club aja. Kita semua setuju. Waktu itu kondisi gue lagi kurang sehat, mau cerita dikit. Jadi kan tanggal 5 itu gue harusnya ada kelas SP pagi, tapi pas gue udah berangkat ternyata telat. Karena dosennya galak, gue pun memutuskan untuk cabut. Akhirnya gue pergi ke Bara buat ngisi pulsa modem. Dan pas lagi nunggu agak lama gitu, hidung gue mulai mencium bau-bau yang nggak enak..... Campuran bau sampah yg belum diangkut dan selokan-selokan Bara yg warnanya kuning dan ijo (hoeeeekkkk) bikin gue tiba-tiba keliyengan. Sumpah gue langsung ngawang-ngawang gitu mau pingsan. Dan akhirnya......... gue muntah di Bara. -_- trus karena lemes dan sakit, gue nangis aja dong sendirian di situ sampe akhirnya mamang tukang pulsanya berbaik hati nganterin gue pulang ke kostan. Sedih ya? :'(

Oke, itu out of topic. Lanjut. Intinya, karena beberapa hari itu gue lagi nggak fit, jadinya gue nggak bisa ikut rapat buat nyiapin baksos tersebut :( Tanggal 6 malem nya gue dapet sms lagi dari Miro, dia minta tolong gue untuk bikin nama buat club kita. Gue pun semedi beberapa saat dan akhirnya gue serahin beberapa opsi nama ke Miro. Sampai akhirnya semua sepakat untuk memilih nama.......... VECOVILING. Nama tersebut merupakan singkatan dari The Adventure Club of Civil & Environmental Engineering. Beuh cakep.

Rencananya, baksos diadain tanggal 7 Agustus dan bertempat di panti asuhan Nurul Huda. Letaknya di belakang Pangrango Plaza gitu. Segala tempat, waktu, acara, semuanya Miro yang ngurus. Salut banget. :)))
Untuk sumbangannya, awalnya kita cuma minta dari para anggota club aja, itupun nggak banyak. Tapi Subhanallah..... Ternyata hampir semua anak-anak SIL khususnya angkatan gue, 47, dengan suka rela ikut nyumbang juga. Uang yang terkumpul jauuuuuh melebihi ekspektasi kita awalnya. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Langsung aja kita beli segala sembako, makanan buka puasa, dan lain sebagainya untuk keperluan baksos.

Kebetulan hari itu bertepatan sama rapat Pondasi, jadi gue, Tami, dan Maya yang ada di divisi acara nggak bisa bantu-bantu untuk nyiapin kebutuhan baksosnya. Tapi sekali lagi, ketua club kita, Miro emang paling super. Semua udah beres aja pokoknya. Dari mulai barang-barang bawaan, nyewa angkot, sampai poster Vecoviling :D Awalnya kita rencana berangkat dari kampus jam setengah 4, tapi berhubung rapat nya ngaret dan baru selesai jam setengah 5, akhirnya kita langsung buru-buru berangkat.

Oh iya lupa, yang ikut berangkat baksos ada: gue, Miro, Tami, Maya, Libna, Aci, Lia, Nadi, Age, Pupu, dan Ikhsan kecil. Riandy dan Dodi yang ikut waktu ke air terjun kali ini berhalangan ikut. Gue awalnya kaget, gue kira yang ikut dikit, tapi sekali lagi... Subhanallah :) Cuaca yang hari itu nggak bagus, hujan deres disertai angin kencang dan petir yang terus menyambar nggak menyurutkan semangat kita. Di angkot, anak-anak terus bercanda dan ketawa-ketawa. Fun banget pokoknya. Sebenernya agak ketar ketir juga, mikirin gimana caranya nurunin barang-barang dari angkot ke panti kalo hujannya kayak gini. Apalagi kata Miro, letak Panti nya itu jauh di dalem gang, yang nggak bisa dimasukin motor apalagi mobil. Tapi Subhanallah, tepat ketika kita nyampe lokasi, hujannya berhenti. Alhamdulillah.

Setelah semua barang bawaan diangkut ke Panti, kita langsung berangkat lagi menuju salah satu madrasah yang rencananya akan kita pake untuk tempat berkumpul. Kenapa nggak di panti nya? karena letaknya di gang dan sempit, jadi nggak memungkinkan kalo kita desek-desekan disitu. Waktu kita nyampe, waktu udah nunjukkin jam setengah 6 sore. Akhirnya sambil nunggu waktunya buka puasa, kita ngobrol-ngobrol santai sama beberapa pengurus panti dan juga anak-anak yang ada disitu.

Dengerin cerita-cerita mereka, ada rasa...... apa ya, gue nggak bisa ngedeskripsiinnya. Yang jelas di satu sisi, tentunya gue ngerasa sangat sedih dan simpati ngeliat anak-anak itu, di usia yang masih sangat muda, tapi udah nggak bisa ngerasain kasih sayang orang tua nya lagi. Sementara gue yang dari kecil sampai sekarang dilimpahi kasih sayang, perhatian, dan berbagai fasilitas dari nyokap bokap gue masih sering ngerasa kurang dan nggak bersyukur. Di sisi lain, gue bangga sama anak-anak itu. Cuma satu yang gue liat, raut bahagia mereka ngeliat kita dateng. Mereka sama sekali nggak nunjukkin sakit, sedih, ataupun kesepiannya mereka. Dan itu bener-bener nyentuh gue dan temen-temen. Usia anak-anak itu beragam, dari yang masih balita sampai yang udah SMA pun ada. Gue sempet ngobrol sama salah satu anak, maaf gue lupa namanya, dia udah kelas 3 SMA dan bentar lagi lulus. Dia tanya sama gue, "kak, di IPB enak nggak? aku pengen banget kuliah disana... tapi mahal ya kak? nggak mungkin bisa pastinya, uang dari mana hehe." 1 kali obrolan yang menohok hati gue, langsung tepat di tengah. Itu gue nggak ngerti mesti jawab apa, sedih dan berkecamuk ngedengernya, tapi langsung gue semangatin dia dengan bilang kalo di IPB banyak banget beasiswa yang bisa dikejar. Dan dia cuma senyum.

Habis kita perkenalan dan ngobrol-ngobrol, akhirnya adzan Magrib pun terdengar. Alhamdulillah. Kami duduk melingkar, minum teh dan makan takjil yang udah kami bawa dari Dramaga. Masih sambil ngobrol dan tertawa. Setelah makan takjil, kita pun sholat Magrib. Yang cowok-cowok sholat berjamaah di Mushola, sementara yang perempuan sholat bergantian di Madrasah. Selesai sholat, karena udah laper banget, langsung makanan pun di bagiin. Ada temen-temen yang makan sambil ngobrol sama anak-anak itu, ada yang ngobrol sama petugas panti, bahkan Aci makan sambil nyuapin salah satu anak :) Damai banget ngeliatnya.

Selesai makan, kita ngobrol-ngobrol santai lagi, karena emang nggak ada acara lain hahahaha :p Gue ngeliat, disalah satu pojok, Nadi lagi ngajarin beberapa anak cara bikin burung dari origami. Awalnya cuma 2 anak, makin lama kerumunan itu makin banyak. Lucu banget ngeliatnya! :))) Yang cewek-cewek seperti biasa sibuk foto-foto haha :p Habis itu kita nyanyi-nyanyi sambil main gitar. Awalnya sih lagu galau, sampe akhirnya kita nyuruh salah satu anak panti buat nyanyi. Dan lo tau dia nyanyi apa? Lagu nya Sakha, judulnya "IBU". Asli, gue nangis disitu. 

Nggak kerasa udah masuk waktu Isya. Karena mau sholat taraweh juga, kami pun pamit. Oh iya, sebelum pamit, kita sempet minta doa gitu ke anak-anak panti. Isinya gini nih gue masih hafal :p 

1. Semoga anak-anak SIL 47 semua diberi kelancaran dalam UAS SP, diberikan kemudahan dan nilai yang bagus.
2. Semoga ICEF 2012 bisa terlaksana dengan baik, dimudahkan dalam mencari dana dan bisa berjalan sesuai apa yang telah direncanakan
3. Semoga SIL 47 dan 46 diberikan kelancaran dalam kuliah, dan kakak-kakak SIL45 diberikan kelancaran dalam sidangnya. Dan semua medapatkan kesuksesan
4. Semoga kita semua diberikan keberkahan, kesehatan, rezeki, dan JODOH (:p)
dan yang terakhir......

5. Semoga dengan acara peresmian VECOVILING, club ini bisa terus maju, dan membawa manfaat ke depannya.

Aamiin.

Setelah doa bersama, akhirnya kita siap-siap untuk pulang. Tapiiii masih ada 1 acara lagi yaitu.... Surprise untuk ulang tahun Lia. HAPPY BIRTHDAY LIAAAAA! :D :D :D
Tiup lilin dan nyanyi bareng, sampe pas bagian potong kue, anak-anak itu berebut minta bagian kue duluan :)))

Alhamdulillah acara peresmian kami selesai. Tapi ini bukan sekedar acara peresmian Vecoviling. Bagi gue, ini merupakan salah satu kelas kuliah terbaik yang pernah gue ikuti. Iya, kuliah dengan mata pelajaran kehidupan yang berhasil mengajarkan gue dan temen-temen bagaimana arti hidup dan berbagi. Indahnya kebersamaan malam itu, nggak akan kami lupakan sampai kapanpun.

Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Semoga, kita semua bisa menjadi manusia itu :))

here's some pict :D













And..... Please introduce.....

VECOVILIIIIIIIIIIIING! :D









You May Also Like

0 comments