Perjalanan Panjang Menuju ICEF 2012 (Part 2)

by - November 12, 2012

Awal bulan Agustus, pas banget itu lagi bulan puasa, gue sama Nadi berangkat ke Jakarta buat nyebar sekitar 8 proposal sponsorship ICEF. Itu pas lagi semester pendek, dan akhirnya titip absen kuliah Kalkulus ke Ria. Kita berdua berangkat pake motor, janjiannya sih jam 7 pagi, tapiiiiiii gue nya bablas tidur abis sahur sampe akhirnya pintu kamar di gedor-gedor sama Nadi hehehe maap :") Setelah nungguin gue siap-siap segala macem, akhirnya kita berangkat sekitar jam 8 dari Bogor. Nyampe Jakarta jam setengah 10-an, gue dan Nadi langsung ke menara Indosat di deket Monas. Nyampe sana, di oper-oper ke kantor nya yang lain, alhasil gue sama Nadi jalan kaki karena pantat masih tepos duduk di motor. Nyampe kantor Indosat bagian yang ngurus-ngurus kerjasama, Alhamdulillah kita langsung disuruh nemuin bagian marketingnya. Eeeeeeeh, pas nyampe sana, si mas-mas marketingnya bilang..... "Waaah maaf banget Mas, Mbak, mulai tahun 2012 ini ada kebijakan baru, jadi untuk kerjasama dengan Indosat langsung dibagi per wilayah, tidak terpusat. Jadi kan Mas dan Mbak ini dari IPB, berarti langsung aja ke galeri Indosat cabang Bogor, gak perlu jauh-jauh kesini." Trus..... Hening. Gue sama Nadi cuma pandang-pandangan, senyum maksa, akhirnya bilang "yaudah deh makasih ya Mas." Asem.

(Masih) belum putus asa, akhirnya kita lanjut ke target berikutnya yaitu ke Pertamina. Berhubung gue orang Jakarta, gue di daulat Nadi sebagai navigator. Padahal 18 tahun hidup di Jakarta, gue sendiri cuma hafal rute dari rumah ke sekolah, ke rumah temen dan saudara-saudara, ke mall, dan ke Monas. Alhasil setiap kita nyasar dan nggak tau mesti kemana, gue selalu bilang ke Nadi: "balik lagi ke arah Monas, Nad!"

Si Nadi setres kali ye dapet pasangan kayak gue. Setelah muter-muter dan nanya sana sini, akhirnya kita nyampe juga ke Pertamina. Nah di Pertamina itu juga satu kompleks perkantoran, setelah di oper-oper (lagi), kita disuruh nemuin bagian Humasnya. Pas mau masuk ke kantor Humas, kan gue dorong ye itu pintu masuknya, lah kok gak bisa di buka nih? Padahal keliatan di dalemnya banyak orang-orang gitu, gue dorong-dorong terus pake tenaga sampe hampir nungging (ini serius, dan sementara gue berjuang keras, si Nadi cuma diem ngeliatin -_-) trus nggak bisa kebuka juga, sampe akhirnya tiba-tiba kebuka sendiri, trus pas masuk ada cleaning service yang bilang: "pintunya kalo mau dibuka harus pencet bel nya dulu, Mbak. Kan itu ada disebelah kanan, gede gitu." ........... Malu, gue senyum-senyum maksa aja. Bangke.

Di Humas Pertamina, gue ketemu sama sekertaris Bapak Dir. Humas nya, nah trus si mbak-mbak itu ngasih tau kalo bakal ngabarin ke IPB lewat pos, kurang lebih 1-2 minggu, kalo nggak dikabarin ya berarti proposalnya ditolak. Okesip deh, yang penting berhasil nyebar sebiji. Akhirnya gue sama Nadi istirahat bentar, trus kita lanjut ke Danone, Unilever, satu lagi gue lupa apaan gitu ya aduuuh males liat catetan :p
Ya pokoknya itulah, kalo diceritain satu-satu bakalan nyampe part berapa ini hahaha. Perjalanan hari itu dilengkapi dengan nyasar kemana-mana, panas terik, debu 10 senti di muka, ditambah lagi puasa! Subhanallah banget :''))) Gue dan Nadi nyampe ke Dramaga lagi dengan selamat (tidak) sejahtera, pas banget pas adzan Magrib. Akhirnya kita berdua buka puasa bareng, dan Nadi dengan baik hatinya sempet-sempetnya nraktir hihi baik banget emang :")

Beberapa hari setelah gue dan Nadi, giliran Erbi dan Cane yang ke Jakarta. Mereka tadinya mau nyebar ke Kementerian PU dan KLH sebagai sponsorship, tapi ternyata di tolak karena kementerian nggak nyediain dana apapun diluar RAB yang mereka udah buat di awal tahun. Pas ashar, dapet bbm dari Erbi katanya dia dan Cane udah di depan rumah gue. Laaaah -_- gak pake bilang-bilang dulu sih, gue nya lagi nggak dirumah dan mereka cuma ketemu sama si Ayah. Hakhakhakhak. Nggak begitu tau ceritanya mereka berdua gimana pas nyebar proposal, yang jelas makasih banget buat Erbi dan Cane yang juga ngerasain gimana menderitanya keliling Bogor-Jakarta seharian naik motor dalam keadaan lagi puasa. :")

Setelah nyebar-nyebar proposal itu, selanjutnya adalah tahap follow up. Udah sampe dimana sih proposal kita, tembus atau ditolak. Nah, sekedar sharing juga, masukin proposal ke perusahaan-perusahaan besar itu susah banget. Jangankan untuk nyampe langsung ke bagian marketing atau humasnya, seringnya kita nyampe, langsung disuruh nyerahin proposalnya ke mailing room. Cuma nyampe ke petugas itu aja, dan kalo kita minta CP, jarang banget bisa, kebanyakan bilangnya "nanti pihak kami yang menghubungi." Itu tuh yang susah. Ya kalo kita nggak punya CP nya, kita cuma bisa nunggu kabar dari pihak mereka aja kan.

Penolakan pertama yang gue dapet adalah dari Holcim. Waktu itu Cane sms katanya ada fax dari Holcim ke UPT, gue yang lagi dikosan langsung buru-buru ke kampus karena deg-degan dan penasaran, eeeeeh nggak taunya dapet pemberitahuan penolakan huhuhu :(( Nge-down, pasti. Tapi gue juga nggak bisa ngapa-ngapain lagi selain nunggu kabar dari yang lain. Pepew dan Ria juga terus ngefollow up BNI dan lain-lain. Trus dapet kabar dari Pepew kalo Diploma nolak, malah dimarahin katanya, masa S1 minta dana ke D3, ada mah kebalik. Uuuh tambah down lagi. Pikiran gue saat itu tuh cuma gimana caranya ini balikin uang Cane dan Aci yang kepake buat nyetak proposal sekitar 800ribu. Trus Alhamdulillah akhirnya papanya Pepew nyumbang 500 ribu buat ICEF.

Selesai semester pendek, akhirnya kita libur panjang menjelang lebaran. Otomatis ICEF mati sementara, hampir semua panitia pulang ke rumahnya masing-masing. Gue juga sibuk berkutat sama jobdesk-jobdesk di Techno F jadinya ICEF sedikit terlupakan. Trus untungnya Cane ngingetin gue terus buat rajin follow up. Akhirnya Prof. Budi gue ambil alih dari Adam, abisnya itu anak kalo disuruh nggak mau terus. Inget banget waktu radiv sebelum gue ke Jakarta, gue nanya siapa cowok-cowok yang bisa selain Nadi, nah Pepew sama Adam bilang mereka nggak bisa. Adam kuliah, Pepew ada urusan. Yaudah besoknya gue berangkat sama Nadi, eeeeeh ternyata Adam, Pepew, dan Ida malah jalan-jalan main ice skate. Jujur itu gimana yah agak............ Gue jadi skeptis akhirnya dan mikir, yaudahlah kalo nggak ada yang peduli, gue aja yang gerak sendiri.

Selama hampir 2 minggu gue sms Prof. Budi tapi nggak ada balesan. Gue mau nelfon nggak enak, karena kan perkuliahan lagi libur, takutnya nggak sopan nelfon beliau diluar waktu kuliah. Sampe akhirnya beberapa hari setelah lebaran gue coba sms lagi, dan Alhamdulillah dibales sama Prof. Budi, kata beliau RAPP setuju untuk jadi sponsor di ICEF. Gue langsung sms Cane saat itu juga. Walaupun belum jelas gimana-gimananya, tapi Alhamdulillah setidaknya ada titik terang.

Gue tau banget itu Cane dan Ajib udah ketar ketir nggak karuan mikirin gimana caranya ngejadiin acara ICEF yang butuh 83 juta ini. Cane sampe sempet mau ngebatalin, Ajib sampe sempet mau ngilangin beberapa lomba, dan kita waktu itu sempet rapim juga gimana caranya nge-press anggaran dana. Dari hasil rapim waktu itu, 83 juta berhasil kita teken sampe ke angka 66 juta. Tetep aja itu dana yang gede buangeeeeeeeeeet.

Gue sempet smsan sama Prof. Budi ;;) dan Beliau nyuruh gue menghadap ke Prof. Asep, karena Prof. Asep kenal sama Ibu Dian, pimpinan nya RAPP. Yaudah langsung gue ke kantor kadept, trus nyeritain blablabla sesuai sama apa yang Prof. Budi bilang. Trus Pak Asep malah bingung karena katanya beliau belum dapet kabar apa-apa. Lah gue kan jadi ngedown lagi tuh. Trus akhirnya melas-melas curhat tentang kondisi ICEF ke Pak Asep. Pak Asep minta proposal Sponsorshipnya dan beliau bilang bakal ketemu sama Bu Dian dari RAPP nya untuk mastiin gimana deal nya waktu sama Prof. Budi. Karena waktu itu gue udah ada janji juga mau pergi sama Tami dan Maya, gue minta tolong ke Cane untuk ngasih proposalnya ke Pak Asep.

Sambil nunggu kabar dari RAPP, gue terus ngefollow up yang lain, tapi hasilnya masih nihil. Gitu juga dengan Pepew yang berkali-kali bolak balik ke BNI Bogor. Ditengah kekeringan semangat itu, tiba-tiba pas di depan sekret Cane nyamperin gue dan bilang dengan santainya (atau dia juga masih shock jadi ngomongnya datar banget): "Rim, RAPP setuju 25 juta." Trus gue agak-agak budek nggak engeh gitu. "Hah? Apaan Cane?" "Itu Riiiiiiim... RAPP MAU NGASIH SPONSOR DUA PULUH LIMA JUTA" kata Cane diperjelas. Gue shock. Diem beberapa detik dan baru sadar... ALHAMDULILLAH!!! Uuuuuuuh itu berasa kayak bisul pecah deh. Lega banget! Ajib juga langsung nyamperin gue dan ngomong makasih segala macem akhirnya dia gak jadi ngebatalin lomba hahahahaha semua seneng deh :D

Setelah dapet kabar dari RAPP itu, semua panitia jadi langsung semangat lagi. Yang tadi awalnya kita udah pesimis, mulai ada harapan-harapan lagi kalo acara ini tuh bisa kita jalanin. ICEF 2012 ini adalah sebuah sejarah, kita khususnya SIL 47 ngerintis semuanya bener-bener dari nol. Sekret mulai rame lagi dengan berbagai macam radiv. Dan ditambah dengan kabar-kabar kalo banyak universitas yang tertarik sama acara ini, waaaah tambah semangat. Publikasi gencar dilakuin, lewat twitter, FB, dan lain sebagainya. Poster-poster mulai dibikin. Sejalan juga sama Humas dengan Tama sebagai kadivnya yang berhasil menggaet beberapa radio sebagai media partner. Oh iya sebenernya waktu itu ICEF berhasil dapet Kompas sebagai media partner, tapi pas pihak Kompas nelfon Cane buat konfirmasi, si Cane baru bangun tidur jadi ngigo dan nggak nanya siapa yang nelfon, akhirnya hilang deh. :'')))

Dengan adanya RAPP, Cane akhirnya nyuruh gue untuk nyetak proposal Sponsorship lagi, tapi kali ini gue cuma nyetak 10 takut kebuang sia-sia. Untuk tahap kedua ini, kita nyebarnya nggak ke perusahaan produk gitu, tapi ke perusahaan yang emang di bidang Teknik Sipil maupun Lingkungan kayak kontraktor dll. List perusahaannya Cane yang nentuin, jadi gue tinggal jadi kurir aja. Nah tim ke Jakarta ini masih sama kayak kemaren, gue dan Nadi, Erbi dan Cane. Bolos kuliah dan praktikum lagi. Kita berangkat misah, dan itu juga perjuangan banget, gue sama Nadi pas diperjalanan berangkat ban motornya Nadi bocor, trus seperti biasa nyasar kemana-mana, dan kehujanan basah kuyup pas mau pulang. Akhirnya janjian ketemuan dulu sama Cane dan Erbi di Citos buat makan bareng sekalian istirahat.

Selesai nyebar proposal tahap ke-dua, seperti biasa dilanjutkan dengan sesi follow up. Sambil ngefollow up, gue sama Ajib dan Bang Gugi juga menghadap ke Pak Rimbawan di Rektorat buat minta bantuan untuk masukin proposal ke Dikti. Akhirnya dikasih surat rekomendasi dari Pak Rimbawan, tapi tetep harus kita sendiri yang nganterin proposal tersebut ke kantor Dikti di Jakarta. Dan kali ini yang berjuang adalah Ajib, ditemenin Erbi. Mereka bolos kuliah dan ke Jakarta berdua.

Beberapa hari setelahnya, Cane minta temenin gue buat ke Jakarta lagi. Tapi bukan buat nyebarin proposal sponsorship, melainkan ngasih surat undangan sebagai pembicara di seminar untuk PU dan KLH. Sebenernya yang ini tuh tugasnya Humas tapi nggak tau kenapa di handle kita. Yaudah akhirnya gue sama Cane berangkat lagi ke Jakarta berdua.

Pas diperjalanan berangkat, sempet ada kecelakaan dikit. Motor yang gue dan Cane naikin keserempet sama mobil bak. Untungnya kita nggak kenapa-kenapa dan nyampe di Jakarta dengan selamat, Alhamdulillah walaupun panasnya amsyooooooong. Berhubung Cane nggak mau ngalamin nasib yang sama kayak Nadi (nyasar kemana-mana dan kembali ke patokan awal: MONAS), Cane ngajarin gue cara baca GPS. Berhubung gue anaknya sangat amat amat amat gaptek, baru kali itu gue berhasil baca GPS dan sukses jadi navigator yang handal buat Cane. Nggak nyasar sama sekali! Hahahahaha. Di perjalanan pulang, kita juga kehujanan dan kebanjiran. Uuuuuh lengkap banget pokoknya :")

Selesai itu, udah selesai juga perjuangan bolak balik Jakarta. Karena udah H-3 minggu menjelang acara jadi semua udah fokus ke publikasi dan menjaring peserta, serta pemantapan konten acara. Masuknya SIL 48 ke dalam kepanitiaan ICEF 2012 juga bener-bener bikin kita hidup lagi. SIL 47 cuma 61 orang, ditambah lagi yang bener-bener peduli sama acara ini nggak semuanya, alhasil kita pontang panting kehabisan tenaga. Dan Alhamdulillah 48 bener-bener bisa nge-back up kita. Ditambah lagi Prof. Budi ngasih dana tambahan dari kantong pribadi beliau. Jadi ceritanya waktu itu Cane dan Ajib ngadep ke Prof. Budi, trus ditanya masih kurang nggak dana buat ICEF nya, dan Cane ngejawab masih kurang sekitar 6 jutaan. Reaksi Prof. Budi adalaaaaaaaaaah....

"Oh cuma 6 juta? Saya kira berapa hahaha *ketawa* *ngeluarin cek dari dalem laci* nih saya kasih 10 juta, besok kamu cairin di Bank."

Hail Prof Budi, hail!!!!! *angkat gelas*

Beberapa minggu sampe beberapa hari menjelang ICEF, semua persiapan dilakukan dengan matang. Walaupun ada beberapa kendala-kendala kayak penginapan yang bentrok dengan adanya Pesta Sains Nasional, dan lain sebagainya karena Upi kalah cepet buat nge-tag tempat-tempat itu. Kaos ICEF yang kita juga udah bingung waktu itu mau mesen dimana, karena kebanyakan nggak ada konveksi yang bisa nyelesain dalam waktu kurang dari 1 minggu tapi bisa ke handle sama gue dan Tami, berkat rekomen dari Dodi *orangnya minta disebut :p*

Semua difokusin untuk publikasi dan dekorasi. Anak-anak PDD bener-bener kerja keras banget. Dai mulai Hafil kadivnya yang bikin desain ini itu yang oke banget, dan kredit khusus bener-bener gue kasih ke Pupu :)) Pu, lo keren banget! Pupu yang ngehandle semuanya deh kalo Hafil lagi berhalangan. Selain PDD, Konsumsi juga mulai riweuh (karena kadivnya riweuh hahaahaha ampun Mayaaaa :p).

Masalah-masalah gede kemaren yang bikin gue stress adalah tiba-tiba pembicara awal dari PU dan KLH ngebatalin tepat 5 hari sebelum acara. Asli itu gue nangis bingung nggak ngerti mesti gimana, sementara spanduk baliho umbul-umbul semua udah beres dipasang dimana-mana. Akhirnya gue ditemenin Tama bolak balik nyetak undangan baru, dan langsung nge-fax ke PU. Follow up terus selama H-4 acara sampe akhirnya dapet kepastian dari PU dan KLH bahwa mereka akan mengirimkan wakilnya untuk jadi pembicara. Fiyuuuuuhhhh lega! :"D

Pokoknya salut banget sama temen-temen yang all out buat acara ICEF ini. Perjalanan panjang selama berbulan-bulan ngegodok dari awal tuh akhirnya bisa terwujudkan. Pesertanya banyak, dana juga nggak kurang. Seneng banget deh. Alhamdulillah. Cerita tentang persiapan EXPO sampe seminarnya dilanjut nanti ya :DDD

You May Also Like

0 comments