Steps Of Life

by - November 20, 2012

Assalamualaikum!
Beberapa hari ini kembali dengan rutinitas kampus yang flat dan gitu-gitu aja. Bangun pagi - berangkat kuliah - nyampe kelas - merhatiin bentar - ngantuk - tidur - bangun - makan di sapta - kuliah lagi - tidur lagi - pulang. Dan nyampe kosan lanjut berkutat dengan segala tugas, laporan, dan jurnal. Ya, begitulah emang kehidupan mahasiswa kan, saya yakin anda semua juga ngalamin. :)))

Dan minggu ini nilai-nilai hasil Ujian Tengah Semester yang lalu mulai muncul ke permukaan. Sebenernya gue sih nggak pernah yang namanya "ngoyo" dalam hal nilai-menilai gini ya. Gue nggak kayak orang-orang lain yang punya target tinggi harus dapet nilai segini lah, itulah dan lain sebagainya. Sadar otak dan kemampuan sendiri lah gue mah hahaha. Sebenernya sih gue tau gue nggak dongo-dongo amat, since I was in the acceleration class when I'm on Junior High School back then, and my IQ results is always more than 125, ftw! Believe it or not? Hahahahaha I knooooooow, over million people stared at me and like, "what?? seriously?? noooo you're kidding rite?!" dan beserta kalimat-kalimat nggak percaya lainnya, but that's really real -____- Banyak temen-temen gue yang sering bilang "sayang banget Rim punya otak kayak gitu tapi nggak dimanfaatin". Bingung juga sih sebenernya, nggak dimanfaatin gimana? Setau gue, IQ tuh cuma berpengaruh 30% dari keberhasilan seseorang. IQ tinggi tapi nggak mau belajar? Ya sama aja boong. Itu kali ya yang bikin gue end up "gini-gini aja". Karena emang gue orangnya maleeeeeeeeees banget. Kalo emang bukan passion gue, duh paling susah deh nyuruh gue buat 100% into that.

Cerita dikit nih... Kayak gini, gue kan emang "terjerumus" gitu masuk Teknik Sipil dan Lingkungan karena disuruh Ayah, iya, Beliau juga adalah seorang insinyur Teknik Sipil. Sebenernya hidup gue kayak udah di-plotkan oleh Beliau since I was kid deh. Dari jaman playgroup, disaat balita-balita lain kerjaannya main ayunan dan jungkat jungkit di TK, gue kerjaannya diem dikelas belajar baca dan nulis. Alhasil umur 4 tahun gue udah masuk TK B, loncat nggak pake TK A dulu. 5 tahun, gue udah duduk di SD. Dan selama sekolah dasar itu gue "dijejelin" sama berbagai macam ekskul dan les setiap hari pulang sekolah, bahkan sabtu dan minggu juga. Dari mulai aritmatika sempoa, kumon, lukis, renang, bahasa Inggris, musik, sampe nari pun gue lakuin. Pas kelas 6 juga menjelang tes masuk SMP, gue pun ikut bimbingan belajar di 2 tempat yang berbeda, ditambah les dengan guru privat yang dateng ke rumah. Sampe akhirnya Alhamdulillah bisa masuk ke SMP 19, favorit di Jakarta waktu itu.

Nah pas baru masuk SMP, pertama Ayah nyuruh ikut tes kelas bilingual, oke gue ikutin, sampe akhirnya masuk. Beberapa minggu kemudian, ada tes kelas akselerasi, dan Ayah pun nyuruh gue buat ikut. Gue waktu itu nolak, karena gue fikir gue nggak akan sanggup di aksel, dan jujurnya pengen nikmatin aja masa-masa SMP yang normal, main kesana kemari, yaaaaah like the other teenagers deh. Tapi Ayah bersikeras nyuruh gue untuk "cuma sekedar nyoba dan ngukur kemampuan aja", dan karena gue nggak mau dicap anak yang durhaka, maka gue ikutlah tes aksel itu. Tahap pertama adalah tes IQ, waktu SD pertama kali gue tes IQ, hasilnya 125, dan pas di tes masuk aksel itu IQ gue ternyata berubah jadi 128, maka loloslah gue ke tahap selanjutnya. Gue udah mau mundur tuh, bilang ke Ayah, tapi Ayah nyuruh untuk terus ngejalanin tes-tesnya, iseng-iseng aja katanya, yoweees gue ikut lagi. Tes selanjutnya adalah wawancara. Jadi gue diwawancara oleh guru dan psikolog, ditanya lalalala sampe pada pertanyaan "kenapa kamu mau masuk aksel?", dan sementara temen-temen jawabannya pada bagus-bagus dan bersemangat banget, jawaban gue waktu itu adalah "terpaksa Bu, habis disuruh Ayah." Yup, that's it. Tapiiiii entah kenapa, temen-temen yang pada jawab bagus eh nggak lolos, sementara gue yang jawab asal-asalan malah lolos. Tambah senenglah Ayah dan Mama, dan mereka semangat banget nyemangatin gue untuk tes selanjutnya. Udah kadung basah, sekalian nyebur ajalah Kak, gitu kata Ayah. Dan tes ketiga adalah tes mata pelajaran. Anehnya lagi, gue pun lolos lagi dengan nilai yang (sangat mengherankan) tinggi, padahal nggak belajar. Sampe akhirnya masuk ke tahapan terakhir yaitu wawancara orangtua. Gue nggak tau Ayah dan Mama ngejawab apa waktu mereka diwawancara, yang jelas tiba-tiba nama gue udah terpampang jadi salah satu dari 20 siswa-siswi kelas akselerasi.

Dan hebatnya sialnya lagi (buat gue), kelas akselerasi waktu itu adalah pertama kalinya juga pake bilingual. It means..... Udah pelajarannya dicepetin jadi 2 tahun, ditambah pake bahasa inggris pula belajarnya! Gue dicekokin buku-buku setebel sepatu hak 8 senti tentang physics, biology, chemistry dan lain sebagainya yang isinya fuuuuuuulll bahasa inggris semua. Belum cukup dengan puyeng mencoba ngerti pelajaran SMP yang ditranslate ke inggris, gue harus ngalamin yang namanya setiap 2 hari sekali ada ujian. Aseeeeeeem, itu masa-masa belajar paling bikin stress yang pernah gue alamin. Disaat anak-anak lain yang habis bel pulang sekolah bisa lanjut ekskul atau main, gue dan temen-temen sekelas masih harus duduk manis belajar di kelas sampai jam 5 sore. Bahkan Sabtu, Minggu, dan libur tanggal merah pun kadang-kadang masih masuk demi mengejar materi. Gue adalah anak paling kuper deh di 19 saat itu. Bayangin aja, masuk di sekolah favority yang isinya anak-anak gaul dan kece-kece, kerjaan gue tiap hari bukannya kayak anak-anak abege yang lain, malah mendep di kelas bersama alfalink teman sejati gue demi nge-translate materi-materi pelajaran. Gue nggak kenal siapa-siapa selain temen-temen aksel gue, nggak pernah keluar kelas selain waktu istirahat, bahkan itu juga makan nya dikelas, sempet catering pula. Nggak bisa ikut kegiatan-kegiatan kayak OSIS, dll. Sedih kan. Tapi nggak tau gimana caranya gue bisa stabil di peringkat 3 besar terus saat itu, sampe UN tiba. Naaaah, belum cukup penderitaan selama 2 tahun, pas yang lain udah beres UN, gue masih harus ikut UN lagi dengan mata pelajaran fisika, kimia, biologi, dan matematika dalam bahasa Inggris untuk dapet sertifikat bilingual dari Kementerian Pendidikan. (ujung-ujungnya sampe sekarang kagak kepake sih ntu sertifikat -_-).

Tapi sayangnya track gue yang bagus dalam hal pendidikan itu harus berhenti sampai gue ngeliat hasil NEM gue. Anjrit jelek banget! Gue down banget waktu itu, karena nggak bisa masuk SMA 70 yang udah jadi inceran gue dari SD, dan malah end up di 46. Jujur, pertama kali masuk Texas 46 tuh shock banget. Kulturnya beda abis sama jaman SMP, dimana anaknya (berhubung cuma anak-anak aksel yang gue kenal) kayaknya baik-baik aja, prioritasnya cuma belajar, belajar, dan belajar. Tapi di txs..... BARBAR BANGET! Hahahahahaha. Gue udah tau sih ini sekolah tuh trademark nya biang rusuh, tawuran mulu kerjaannya. Dan pas gue masuk, cuma bisa bilang WOW deh. Hahahahaha emang gila-gila anaknya! Di kelas 10, gue masih bisa ngatur ritme belajar gue sama kayak jaman SMP, makanya bisa peringkat 1 sampai mau penjurusan untuk nentuin IPA/IPS nantinya di kelas 11. Nah sebelum masuk ke kelas 11, ada tes IQ lagi dan hasil gue 132. Pas ditanya mau IPA atau IPS, gue dengan setengah hati bilang IPA karena lagi-lagi "pesen" dari Ayah. Padahal jujur gue ngerasa lebih prefer di hafalan dan komunikasi dan lebih seneng bersosialisasi daripada harus pacaran sama rumus-rumus. Tapi lagi-lagi, gue bisa apa selain nurut? Sampe akhirnya mungkin gue udah jengah juga kali ya, ditambah emang umur-umur segitu kan lagi masa labil hehehe jadi gue mulai berontak. Berontak dalam arti, gue pengen cari kebebasan gue. Mulailah gue terbawa arus temen-temen gue yang lain, jadi jarang belajar, jarang merhatiin guru, kerjaannya maiiiiin mulu. Sampe akhirnya nilai gue pada anjlok semua. Nah dikelas 12, gue baru insyaf lagi dan Alhamdulillah sekarang bisa ada di IPB deh hehehe.

Duuuh malah jadi curhat panjang ye -_- padahal intinya yang mau gue kasih tau mah, oke future gue mungkin akan jadi seorang Civil & Environmental Engineer, tapi sebenernya passion gue ada di art and social communication. Makanya, orang-orang yang selingkungan sama gue pasti tau, gue kalo belajar duuuuh malesnya minta ampun. Tapi giliran ada disuatu kepanitiaan atau ada event-event, beuuuh gue adalah orang yang paling semangat. Emang sih itu nggak boleh sebenernya, dimana otak kanan dan kiri gue harusnya bisa seimbang. Gue tau sebenernya gue bisa ngegali kemampuan akademis gue jauh lebih dari ini, tapi mungkin belum nemu ritme nya lagi nih.

Awal-awal masa TPB adalah neraka jahanam bagi IP gue. Salah pergaulan, mungkin. Atau gue yang kebawa arus, atau masih terbiasa dengan jaman SMA yang nyantai, I don't know what the heck with me, tapi kuliah gue bener-bener ancur. Gue emang dari awal nggak mau di IPB, dan udah daftar di Binus ambil arsitektur karena berkali-kali di tolak UI dan ITB, tapi Ayah nyuruh untuk masukin IPB di pilihan kedua waktu SNMPTN. And magic does, gue masuk di Sipil&Lingkungan. Could you imagine how happy he was? Yes, tapi bertolak belakang banget sama gue yang jujur nggak ada seneng-senengnya. Gue nggak mau jadi insinyur, sebenernya. Tapi yasudahlah, anak mana sih yang nggak mau liat orangtuanya bahagia? So here I am. Mencoba survive di kehidupan IPB. Dan Alhamdulillah, setelah gue masuk departemen SIL, nilai-nilai gue perlahan mulai naik. Gue bersyukur banget ternyata di SIL gue nemuin keluarga yang bener-bener berharga banget buat gue! Yang tadinya gue nangis tiap hari ngerengek pengen pindah kampus, sekarang udah ngerasa kangen banget sama SIL47 kalo sehariiiii aja nggak ketemu. Mereka bener-bener ngebawa dampak positif yang besar buat gue. Gue yang nggak ngerti apa-apa soal pelajaran di SIL, dituntun oleh mereka buat, yuuuuk kita satu angkatan harus bisa survive semua. Hebat banget kebersamaannya, serius. Disamping soal akademik juga, SIL47 teh "warna-warni" banget! Sifat-sifat dan kebiasaan serta tingkah laku semuanya nggak ada satupun yang normal, selalu bisa bikin gue ketawa setiap hari! Ah, I really love them, so much :)))

Kalo ngomongin SIL47 mah nggak akan ada habisnya ya hehehe. Dan berkat kerjasama yang solid itu alhamdulillah gue sejauh ini ngerasa kebantu banget terutama dalam hal akademis. Semester 3 lalu IP gue naik banget dibanding TPB, dan di semester 4 malah bisa nyampe 3 koma, Alhamdulillah. Mungkin biasa untuk temen-temen gue yang gue tau, pinter-pinter semua. Tapi buat gue, itu adalah suatu pencapaian :)

Dan UTS di semester 5 ini hasilnya.........

Hahahahahahahaahahaha. Gue mah Alhamdulillah aja deh. Setidaknya untuk gue, LCA, Koba, Kobe, Bangkotan, TPKU udah puas banget. Nah yang gawat teh Tekoling dan TLB niiiiih huhuhuhu menyedihkan sih sebenernya. Masa mau jadi anak Teknik Lingkungan, tapi mata kuliah lingkungannya ancur-ancuran? :( Gue jadi galau berat ini aaaaaaaaaaaa.... Sebentar lagi penjurusan, tapi gue sampe sekarang belum tau mau milih sub bidang apa untuk skripsi nanti. Struktur? Nggak mungkin. Gue nentuin sin cos tangen aja susahnya nauzubile. Geomatika? Bahahhahahahak, coret ini dari pilihan. Gue nggak tau apapun tentang geomatika selain gambar-gambar pesawat di slide nya Pak Mahmud. Air? Lingkungan? Naaaah gue bingung milih di antara dua ini! Ayah sih nyuruh nya lingkungan, karena menurut beliau prospek seorang Environmental Engineer tuh bagus banget, karena scope pekerjaannya akan sangat luas. Bisa dimana aja. Lo mau bikin usaha atau proyek atau kerjaan apapun, pasti harus mikirin environment impact nya kan? Naaah disitulah seorang Insinyur Teknik Lingkungan dibutuhin. Cool ya? Iye, emang. Tapi mata kuliahnya...... Subhanallah astaghfirullah deeeeeh hahaahahahaha sediiiiiih. Gila absurd banget! Sampe sekarang, yang bener-bener masih bisa nyangkut di otak gue cuma palingan TPKU. Sisanya kayak TLB, TLG, tekoling? Wassalam! Gimana kalo milih air? Pengen sih, abis dosen air kece-kece semua. Aaaaaaa bingung! :(((

Hari Jumat ini ada presentasi dari dosen-dosen, doain aja ya semoga setelah itu gue udah bisa menentukan pilihan gue, akan gue bawa kemana masa depan gue ini. Selain akan (insyaAllah) jadi seorang insinyur, gue masih nyimpen passion yang gede banget untuk jadi seorang organizer. Karena gue adalah seorang konseptor! Gue suka jadi seksi sibuk dibalik acara-acara. Gue suka ngedekor, gue suka bikin konsep suatu acara, gue (bahkan sekarang) jadi suka ngemsi, gue suka hal-hal yang lucu dan onyo. Gue pengen suatu saat bisa jadi seorang event organizer. Entah acara ulang tahun, pernikahan, apapun! Untuk sekedar memuaskan passion gue.

Tapi untuk sekarang, gue cuma pengen ngeliat Ayah dan Mama bangga dan bahagia punya anak kayak gue. Dan hal terdekat yang bisa gue lakuin adalah memenuhi keinginan mereka untuk bisa ngeliat anaknya jadi seorang insinyur. Semoga gue bisa mewujudkan itu... Aamiin...

You May Also Like

0 comments