Tekad, Perjuangan, dan Persahabatan (Gunung Gede Part 2)

by - Desember 06, 2012


"Liat bangunan yang itu? Nah itu pos awal namanya." Suara Miro di depan sayup-sayup kedengaran. Gue sendiri masih diem cuma ngeliat kanan kiri, dalam hati masih bergerumul ya Allah gue kok bisa-bisanya nekat pengen ikut kesini? Gue kuat nggak ya? Gue diselimuti ketakutan. Tapi euforia yang dibawa anak-anak pun lama-lama ikut menghangatkan gue, ini bakal jadi kenang-kenangan yang berharga banget, pikir gue, berusaha positif.


*****

1 Desember 2012

06.20 WIB

Kami sampai di pos awal pendakian. Di pos ini, simaksi atau surat izin mendaki kami diperiksa, pun dengan segala kelengkapan peralatan. Nah, pas lagi di cek, ternyata salah satu persyaratan buat ngedaki gunung Gede adalah harus menggunakan sepatu. Sebenernya sih emang tertulis di peraturan, tapi kata Miro pake sendal gunung pun nggak apa-apa, alhasil kami semua pake sendal. Semuanya -_- Waaaaah disini suasana udah nggak enak banget, petugasnya juga ngotot galak ngelarang kita segala macem, Miro udah nggak bisa ngapa-ngapain. Sampe Ajib dan Riza akhirnya ganti sepatu pun tetep rombongan kami nggak dibolehin naik. Setelah perdebatan yang cukup alot, akhirnya si bapak petugas ngasih kelonggaran buat kami dan ngizinin kami berangkat, dengan syarat bikin surat perjanjian bermaterai kalo ada apa-apa semua jadi tanggung jawab sendiri. Setelah "ngasih uang materai yang seharga satu bungkus rokok", kami pun siap-siap naik. Disini akhirnya pisah sama Tami dan Eko yang balik ke Dramaga. Pas meluk Tami gue rasanya beraaaaat banget udah mau nangis, pengen ikut pulang aja, takuuuut hahaha.


06.40 WIB

Setelah berdoa bersama, pendakian pun dimulai. Dari informasi yang kami dapat, ada 5 pos yang harus kami lewati sebelum akhirnya sampai di Surya Kencana, tempat kami nge-camp nantinya. Menurut perhitungan Miro, waktu yang dibutuhin sekitar 5-6 jam. Awal-awal perjalanan, kami melewati sawah-sawah milik warga, sampai bertemu batu-batu yang mulai menanjak. Sampai disitu, dada gue tiba-tiba sesek. Entah karena belum kebiasa bawa beban yang cukup berat di ransel, akhirnya tas gue dibawain sama Bos Yoni. Belum apa-apa, gue udah harus di back-up sama Bos Yoni dan Masbro. Lemaaaah :"(
FULL TEAM! :D
Setelah melewati sungai kecil, kami mulai memasuki hutan. Dari sini jalannya masih berupa tangga berbatu yang terus menanjak. Asli itu capek loh, satu persatu anak-anak mulai tumbang sampe akhirnya kebagi jadi dua kloter. Gue, Bojep, Ce, dan Aris ada di belakang, di back up sama anak-anak WHK kayak Bos Yoni, Agi, Riza, ada juga Asep dan Masbro. Kita akhirnya kepisah jalan sama Miro dll, dan baru ketemu di pos. Di pos pertama, si Arjuno yang style nya udah mirip opa-opa dengan jaket dan topi nya itu, udah kebelet boker. Ini rada jorok dan jijik, tapi pas kita lewat track buat jalan lagi, kecium bau boker nya Aris yang amsyoooong hueeeeeekkkkk. Akhirnya dia ngaku katanya udah nyari semak-semak eh tapi ketemu nya rute jalan lagi -_- Setelah bermual-mual ria sambil bersumpah serapah ke Aris, kami mulai jalan lagi. Disepanjang jalan itu kami selalu papasan sama pendaki-pendaki lain, saling sapa bahkan sampe ditawarin makan, minum, segala macem. 

09.00 WIB

Kami sampai di pos kedua, dan bertemu dengan rombongan Miro yang lagi kumpul sama pendaki-pendaki lain. Rame banget, rupanya ada seorang bapak yang lagi ngajak sharing-sharing, dipanggilnya Pak Haji. Itu seru banget, ngobrol-ngobrol kenalan sama banyak orang, sekalian ngelepas capek. Lumayan lama kami istirahat, kami pun mulai berangkat lagi.
"tausiyah" di pos 2 hehe
Kali ini udah nggak ada lagi tangga batu, sepanjang jalan cuma ada tanah yang nanjak, dan akar-akar yang menjulang disana sini. Karena udah pada capek, akhirnya rombongan kembali kepisah. Makanya disini gue nggak tau persis apa yang dialamin anak-anak selain kloter gue sepanjang perjalanan, ini gue tulis berdasarkan cerita mereka aja ya, maaf kalo ada yang missed hehe.
Miro, yang emang kuncen gunung, stamina nya emang setan bangeeeet. Gak capek-capek kayaknya, dia mimpin kloter satu yang juga pada cepet banget. Di kloter pertama ada Miro, Libna, Masrun, Ihsan, Nadi, dan Aci. Didi dan Ce yang tadinya bareng lama-lama kepisah karena mulai capek. Ditengah jalan, Didi dan Ce yang cuma berdua mulai kehabisan tenaga, sementara konsumsi nggak mereka pegang sama sekali. Akhirnya mereka ketemu tukang gorengan dan patungan beli gorengan 2 biji yang harga satuannya 2 ribu rupiah, dengan sisa-sisa uang yang nyelip di kantong, dan baru sadar bahwa mereka nggak punya minum dan nggak punya uang beli minum. Lo tau apa yang mereka lakuin akhirnya? Air hujan bekas cuci kaki yang dibawa Didi dari Masjid, yang tadinya disiapin buat cebok, akhirnya terpaksa mereka minum.... Don’t imagine rasanya kayak apa ya..... :”(

Sementara di kloter belakang, 9 orang yang tadinya bareng-bareng juga tiba-tiba kepisah. Aris, menghilang entah kemana sendirian. Sementara Agi mendadak kram kaki dan langsung di urus sama Ajib, Asep, dan Riza. Gue, Bojep, Bos Yoni dan Masbro ngelanjutin perjalanan berempat. Gue dan Bojep udah jalan tanpa daypack. Daypack gue dibawain ganti-gantian sama Bos Yoni dan Masbro, sementara punya Bojep dibawa Riza. Gue udah payah banget, tiap beberapa langkah jalan, berhenti, minta istirahat, gituuuuu terus. Sampe kita ngerasa udah ketinggalan jauh banget dan nggak ketemu rombongan lagi. Miro udah entah dimana, sementara pas kita berhenti lama pun tetep nggak ketemu Agi. Aris? Jangan ditanya, dia lenyap gak tau juntrungannya.

Sampe pas kita lagi istirahat makan mie dikremesin, finally di bawah ngeliat Agi, Riza, Asep dan Ajib. Ternyata kaki Agi kram beneran, untungnya medis ada di gue, jadilah langsung kakinya agi dipakein salep, koyo, segala macem. Berbanding terbalik sama kloter lainnya, kloter terbelakang ini makmur banget! Kenapa? Karena semua makanan ada di kita, jadilah sepanjang jalan ngemilin dari mulai gula jawa sampe cokelat. Apalagi ada Bojep, yang tiap berhenti bentar langsung minta makan hahaha :p


11.00 WIB

Akhirnya kami sampai di Pos 3, berarti tinggal dua pos lagi yang harus dilewatin untuk sampe di Surya Kencana. Kloter gue sempet ketemu sama Aris, yang ternyata lagi kongkow-kongkow sama pendaki-pendaki lain -_- dan dia pamer bahwa dia habis nemuin tongkat pusaka, dan gara-gara itu dia jadi kuat nggak kecapekan. Gue dan anak-anak yang udah capek dan males ngedengerinnya iya iya aja. “Rima, saya pinjemin tongkat pusaka saya deh nih, dijamin gak capek! Tapi setengah jam aja ya.” Gitu. Dia juga pamer kalo dia dikasih banyak makanan sama pendaki lain, kurma, apel, dll yang dia tuker sama makanan di tas yang dia bawa. Padahal, tas yang dia bawa tuh tas nya Dodi, jadi yang dia kasih ke orang dengan seenaknya adalah makanan punya Dodi -_____________- Karena Aris sombong, gue suruh aja dia sekalian bawain tas gue, karena gue kasian sama Bos Yoni dan Masbro yang masing-masing udah capek bawa carrier yang super berat. Dan si Aris oke-oke aja, malah dia langsung pergi sendiri lagi duluan. Ngilang lagi.
Opa Aris
Ya, cukup deh tentang Aris. Lagian kenapa juga gue malah ngebahas Aris -____-

Kloter gue, karena ada gue dan Bojep yang super manja dan lemah, adalah kloter yang paling lama jalannya. Tiap dikit-dikit pasti minta istirahat. Untungnya cowok-cowok itu baik dan sabaaaaaarrrrr banget ngadepin gue dan Bojep! :”) Waktu buat kita istirahat namanya “sebat”. Kenapa? Karena sambil nungguin gue dan Bojep kuat lagi, anak-anak ngerokok dulu sebatang hahaha. Disitu kita ngobrol-ngobrol segala macem sampe main kentut-kentutan, rebutan makanan, wah pokoknya segala macem aib kebongkar semua deh udah nggak peduli nggak ada jaim sama sekali.
KLOTER BELAKANG! \o/
 Selesai dari pos 3, medan udah makiiiiiiiiiiiiiiiin berat. Mending deh kalo jalannya cuma nanjak biasa, ini kita bener-bener harus ekstra tenaga karena curam banget tanjakkannya. Nggak jarang kita harus manjat pegangan akar-akar atau nyelip diantara ranting-ranting pohon. MasyaAllah.....
Bahkan anak-anak cowok harus saling oper-oper carrier karena udah pada nggak kuat manjat sambil ngegotong. Gue dan Bojep nggak bisa bantuin apa-apa selain nyemangatin mereka. Stamina makin habis, makin sering istirahat, dan makin lama waktu yang kebuang. Sampe akhirnya kabut mulai turun, dan suasana mulai gelap. Astaghfirullah, bentar lagi hujan! Kita harus bisa nyampe Surya Kencana sebelum hujan turun. 

Gue udah ketakutan banget, tapi juga nggak bisa cepet-cepet karena manjat beberapa langkah aja dada udah sesak, kepala udah keliyengan. Akhirnya sekitar jam 1an kita mutusin untuk makan siang dulu, bekalnya roti tawar dan susu kental manis untuk nambah tenaga. Sekali lagi, untung banget konsumsi ada, Alhamdulillah kalo enggak gue udah nggak tau itu gimana. Bojep saking lapernya sampe makan roti banyak banget, plus biskuit, plus coklat. Hahahahaha :p

13.30 WIB

Kloter kami masih berjuang nyelesain tanjakkan itu. Gue nyebutnya tanjakkan setan, asli masyaAllah Astaghfirullah tracknya paraaaaaaaaaaaaah banget! Jujur itumah kalo udah bisa nyerah, gue bakal nyerah dari tadi. Tapi disitu bener-bener nggak punya pilihan lain selain terus jalan. Nggak mungkin kan gue nyerah trus mutusin buat turun? Turunnya aja gue nggak bisa -_-
Setiap ketemu sama pendaki yang mau turun, gue nggak pernah absen nanya “mas/mbak, berapa lama lagi ya buat sampe ke Simpang Maleber (pos terakhir sebelum Surya Kencana)?” dan mereka selalu ngejawab, “bentar kok, kira-kira setengah jam lagi.” sambil ngasih semangat. Dengan semangat juga kami jalan terus, tapi setiap setengah jam..... Kok nggak nyampe-nyampe, kayak ini tanjakkan kok nggak ada habisnya Ya Allah... Baru deh nyadar kalo pendaki-pendaki itu PHP hufff cuma biar kita semangat aja.

Sekitar 100 meter dari Simpang Maleber, hal yang gue takutin pun akhirnya kejadian. HUJAN! Dan gue baru sadar bahwa raincoat gue ada di tas, dan tas gue di bawa Aris. MasyaAllah itu paniknya bukan main. Gue langsung nangis disitu, gue takuuuuuuuuut banget. Langsung keinget cerita di novel Miro yang pernah gue baca bahwa kematian tertinggi di gunung disebabin oleh hipotermia, atau kedinginan yang terus menerus dan semakin parah, dan banyaknya disebabin karena hujan. Akhirnya gue dipinjemin jas hujan sama Ajib. Hujan semakin deras, kacamata gue buram. Gue udah nggak bisa ngeliat jarak jauh lagi, suasana udah panik, semua teriak ngasih instruksi ini itu. Gue disuruh jalan duluan sama Bos Yoni, sementara Ajib, Riza, Asep, dan Agi ngurusin Bojep di belakang.

Dengan ketakutan, kedinginan, dan sambil nangis, gue jalan terus, berusaha manjat dengan megang apapun yang bisa gue pegang. Dan karena hujan, tanah jadi licin, parahnya lagi hujan yang deres itu bikin track nya jadi longsor. Astaghfirullahaladzim... Gue udah nggak bisa mikir apa-apa selain nangis sambil terus merangkak naik. Gue nggak ngeliat anak-anak lagi selain Bos Yoni yang terus nge back-up gue dari belakang.

Sampe di suatu tanjakkan, gue denger didepan gue pendaki lain ada yang teriak, “ini nggak bisa dipanjat! Tanahnya longsor, nggak ada pijakan!” Gue makin panik, gue manggil-manggil Bos Yoni. Bos Yoni yang juga kewalahan saat itu minta bantuan ke pendaki lain untuk bantuin ngangkat gue. Gue denger ada mas-mas teriak ke gue dari depan, “Ayo mbak tarik kaki saya! Panjat ke kaki saya!” Laillaha ilallah... Cuma itu yang terus gue ucapin dalam hati, nangis gue nggak berhenti. Gue ikutin kata mas-masnya, tangan kiri gue nyengkram akar, tangan kanan gue nyengkram kaki mas nya yang ditarik sama temannya di depan. Air, tanah, pasir, kerikil, semua masuk ke mulut gue yang ngerayap-ngerayap ditanah. 

Itu gue bener-bener kayak lagi perjuangan antara hidup dan mati, lo boleh bilang gue lebay, tapi gue bener-bener ketakutan, kedinginan, badan gue semua beku. Gue cuma mikir 1 hal, kalo gue mati disini, siapa dan gimana caranya bawa jasad gue turun? Dan entah kenapa setelah kepikir itu, disaat gue udah pasrah, nggak berdaya, nggak kuat ngapa-ngapain, Allah ngasih kekuatan buat gue. Gak tau gimana bisa, gue tiba-tiba bisa ngerayap cepet banget, gak peduli mau badan gue kebentur, ketusuk, apapun, yang jelas gue cuma mikir gue harus bisa survive. Gue nggak mau ada disitu lagi, dan satu-satunya jalan adalah gue harus cepet sampe Surya Kencana!

Sampe gue denger Bos Yoni teriak jauh dibelakang gue, “Rim tungguin Riiiim gue udah mau mati nih woy!” Dan gue baru sadar saat itu kalo jarak gue sama dia lumayan jauh. Sambil nungguin Bos Yoni gue berdiri meluk pohon sambil berusaha nenangin diri. Akhirnya sayup-sayup gue denger suara Agi dan Ajib juga.

Hujan akhirnya mulai berhenti, dan nggak sadar tanah udah mulai datar. Gue nggak sadar juga kita udah jauh ngelewatin Simpang Maleber yang ketinggiannya 2600 meter. Setelah jalan lagi, entah gimana stamina gue jadi full gitu, tiba-tiba gue ngeliat jalanan yang terang di depan.

*****

15.30 WIB

Akhirnya.....

ALUN-ALUN TIMUR SURYA KENCANA

Gue nangis. Gue manggil Bos Yoni, “Kita selamet!! Kita sampe!!” MasyaAllah. Allahuakbar. Cuma itu yang terus-terusan gue lafalkan. Sampe tiba-tiba ada yang manggil... Ternyata Aci, Aris, Ihsan dan Ce! ALHAMDULILLAH! Mereka ternyata udah nyampe dari jam 2, dan bagi-bagi tugas sebagian untuk masang tenda, sebagian lagi nungguin anak-anak yang belum dateng di gerbang alun-alun. Subhanallah... Hujan juga udah berhenti, dan gue baru sadar badan gue kaku banget kedinginan. Aci sempet nawarin untuk minum teh dulu di tempat bapak-bapak jualan, tapi gue nolak, gue cuma pengen nyampe ke tenda secepatnya. Disaat itu juga yang nyampe dari kloter belakang baru gue dan Bos Yoni. Gue nggak berhenti kepikiran gimana nasib Bojep, Riza, Agi, Ajib, dan Asep.

Gue pun dianter ke tenda sama Aci dan Ce, sementara Bos Yoni nungguin sama Ihsan dan Aris. Ternyata tenda masih jauh. Gue susurin sepanjang jalan setapak yang masih basah karena hujan, sambil ngeliat sekeliling.... Dan cuma satu kata yang bisa menggambarkan Surya Kencana.... SUBHANALLAH! Selama ini gue cuma denger dari Miro, dan sekarang gue ngeliat dengan mata kepala gue sendiri. Dan nggak ada kata-kata yang bisa ngegambarin gimana indahnya Surya Kencana. 2900 meter di atas permukaan laut, dengan padang rumput yang luaaaaaaaaas banget dan ditumbuhi alang-alang dan juga...... BUNGA EDELWEISS. Bunga abadi, yang belum pernah gue lihat, sekarang bertebaran disekeliling gue. Lembah-lembah, hutan dibelakangnya, tenda-tenda para pendaki, dan.... PUNCAK GUNUNG GEDE YANG BERDIRI GAGAH. Gue ngerasa dekat. Ya Allah, Maha Besar Engkau....
............. :")))







Setelah berjalan cukup jauh, ada suara-suara ribut dibelakang. Gue, Aci dan Ce berhenti untuk ngeliat.... Ternyata anak-anak, dan LENGKAP! Begitu ngeliat Bojep, gue langsung lari dan meluk dia kenceng banget. Kita berdua nangis, bener-bener nggak ketahan. Rasa lega semuanya keluar. Gue liat dibelakangnya ada Riza, Asep, Agi, dan Ajib yang Alhamdulillah semua, walaupun capek, tapi tampak sehat. Gak ada rasa bahagia selain ngeliat semua selamat. 

Dan dari arah depan, kita juga ngeliat sosok Miro dan Nadi yang nyamperin kami. Ya Allah, Alhamdulillaaaaah! Gue lega banget udah ketemu Miro. Miro langsung dateng, nanyain keadaan semuanya, gue bilang gue nggak apa-apa cuma kedinginan. Tangan gue yang beku langsung dibalurin minyak kayu putih dan diperban sama Miro, Ce yang kedinginan dikasih jaket juga sama dia.

Gue liat langit udah terang, warna nya biru muda sekarang, gue bisa liat dengan jelas awan-awannya yang dekeeeeeeet banget. Dan dibelakang gue, penuh dengan suara canda tawa sahabat-sahabat yang seketika menghangatkan lagi hati gue. Disinilah, dititik ini, gue sepenuhnya mengerti. Bahkan bukan hanya mengerti, tapi merasakan arti dari tekad, perjuangan, dan persahabatan.

To be continued...

You May Also Like

0 comments