Kabar Dari Negeri Di Atas Awan (Gunung Gede Part 3)

by - Desember 07, 2012


1 Desember 2012

16.00 WIB

Melewati hamparan tanah datar yang begitu luas dengan pemandangan paling spektakuler, kami berjalan menyusuri lembah-lembah sampai tiba di bagian barat Surya Kencana, tempat tenda sudah didirikan oleh teman-teman. Angin yang kencang menerpa, ditambah seluruh baju basah kuyup membuat gue gemetar hebat, beku, kedinginan. Akhirnya gue langsung masuk ke dalam tenda buat ganti baju. Anak-anak yang lain ada yang sibuk masang tenda, masak air, dan lain-lain, gue nggak terlalu memperhatikan karena kondisi udah payah banget. Di dalam tenda, gue cuma meringkuk sendirian sambil gemetaran. Gigi sampe gemeretuk, tangan dan kaki beku, dan gue susah nafas.

Untung ada Libna. Dia bener-bener sabar ngerawat gue yang lagi semaput itu, dari mulai gantiin baju, makein freshcare, sampe bantuin gue make sleeping bag. Tapi itu semua sama sekali nggak ngurangin rasa dingin yang gue rasain, malah tambah dingin. Salah banget pake freshcare karena efeknya emang dingin-dingin gitu, sementara gue nyari kotak medis gue buat pake minyak kayu putih udah nggak tau ada dimana. Gue udah nggak bisa ngapa-ngapain, mual, laper, mules, dingin, pusing, sesek, semua jadi satu. Sampe akhirnya Agi dateng ke tenda ngebawain gue popmie dan energen. Sebenernya gue udah mual makan mie, karena sepanjang jalan entah udah berapa bungkus mie yang gue gadoin sampe sakit perut. Tapi karena hangat, langsung gue minum kuah popmie yang masih panas tersebut, dengan harapan bisa sekaligus menghangatkan badan gue.

Tapi ternyata nggak berhasil, gue tetep menggigil. Bibir, kuku, semuanya udah biru. Baju udah lapis tiga, tapi tetep dinginnya nusuk ke seluruh badan. Gue cuma nangis di dalam tenda, dan ngerengek-ngerengek mau pulang. Badan dan kaki gue diusap-usapin sama Bojep dan Libna. Gue udah antara sadar dan nggak sadar, ngigo katanya, meringis sendirian gitu. Sampe akhirnya gue muaaaaaaaaal banget dan finally muntah. Udah makin semaput, gue mencoba tidur sambil nangis nggak berhenti. Gue pengen pulang, pengen tidur dikasur yang hangat, pengen makan makanan enak, pengen dirawat mama....

Malam hari, nggak tau jam berapa

Hujan turun lagi di Surya Kencana, membuat suhu diluar semakin dingin, sampai 8-10 derajat celcius katanya. Gue yang tadinya udah bisa tidur, kebangun gara-gara tenda bocor, air meresap masuk dan bikin sleeping bag gue basah. Otomatis gue jadi makin menggigil. Akhirnya gue disuruh pindah ke tenda lain yang lebih hangat, tapi gue bener-bener nggak kuat buat bangun. Untung ada Agi yang baik banget ngegendong gue buat pindah tenda. Setelah gue digendong dan pindah tenda, baju gue diganti sama baju kering punyanya Ce, sleeping bag gue yang basah juga diganti sama sleeping bag nya Libna. Gue tidur merapat ke Bojep nyari-nyari biar sedikit hangat.

Ternyata, Bojep juga habis kolaps. Jadi, dia sempet ngobrol-ngobrol sama Libna pas lagi ngerawat gue, Bojep bilang “gue mah nggak sakit Na, cuma mules aja.” Eh, nggak ada 5 menit setelah ngomong gitu, Bojep muntah -____- Kata Libna, muntah nya bahkan lebih banyak dari gue bhahahahahahak.  Setelah itu, Bojep keluar tenda. Nah pas diluar, dia bilang ke Ihsan kecil, “aku limbung nih.” Limbung itu kira-kira artinya keliyengan, tapi Ihsan nggak ngerti, ya di diemin aja. Eeeh nggak lama kemudian, Bojep jatoh dan pingsan. Ihsan kecil yang kebingungan nggak ngerti harus ngapain, dan saat itu diluar nggak ada anak-anak, jadilah dia nyeret-nyeret Bojep sendirian buat masuk ke tenda. Itu udah kayak keledai katanya, gue yang cuma diceritain aja ngakak ngebayanginnya hahahahaha Bojeeeeeeep! XD

*****
 
2 Desember 2012

Sekitar 03.00 dini hari

Gue kebangun dari tidur. Alhamdulillah, udah ngerasa lebih hangat sekarang. Gue liat samping kanan kiri gue ada Bojep, Ce, dan Libna yang lagi pada tidur. Sayup-sayup dari luar tenda gue masih ngedenger suara Riza yang lagi ngedumel, “udah kloter dua, bawa tas dua, sekarang tidur juga kloter dua!” dan suara Ajib yang ngebangunin Miro buat siap-siap hiking ke puncak.

05.00 WIB

Semua anak di tenda gue udah bangun. Alhamdulillah gue ngerasa udah sehat, cuma laperrrrrr luar biasa seharian nggak kena nasi sedikitpun. Di dalem tenda gue ngobrol-ngobrol sama Ce, Libna dan Bojep. Yang lain nggak jadi muncak, malah pada molor semuanya. Gue bilang sama Libna, gue nggak mau naik ke puncak, mau nunggu di tenda aja, takut nggak kuat, apalagi ditambah dinginnya. 

Nggak beberapa lama kemudian, diluar mulai rame anak-anak yang baru bangun. Aci, Miro, Dodi, Nadi, Ihsan kecil lagi siap-siap buat naik ke puncak. Gue sama Bojep juga sibuk, sibuk nyari semak-semak buat pipis. Gilak, 24 jam nahan pipis itu rasanya......... Saking dinginnya Surya Kencana, pas pipis aja si Libna cerita kalo tanah nya sampe ngeluarin asap -_- caur.

Balik ke tenda sehabis pipis, gue ngeliat anak-anak yang lagi siap-siap tiba-tiba jadi super iri. Gue udah sampe di 2900 meter, tinggal 58 meter lagi untuk nyampe ke puncak Gunung Gede, masa nggak kesampaian? Akhirnya dengan kenekatan yang super, gue bilang ke Miro kalo gue pengen ikut muncak. Miro sempet ragu-ragu saat itu, takut gue kolaps dan nggak kuat, tapi gue kekeuh. Berbekal baju lapis-lapis minjem sama Ce, Didi, dan jaket Masbro, trus pake sarung tangan dua lapis dan kaus kaki, gue akhirnya ikut hiking ke puncak.

05.45 WIB

Gue, Miro, Libna, Bojep, Didi, Aci, Dodi, Ce, Nadi, dan Ihsan kecil akhirnya berangkat menuju puncak Gunung Gede. Geng WHK yang super kuat itu malah nggak ikut, katanya mereka mau nyimpen stamina untuk nanti mesti ngeback-up kita lagi pas turun. KURANG BAIK GIMANA COBA MEREKA? SUBHANALLAH! :”)))
Peralatan yang kita bawa kali ini cuma 1 tas ransel yang dipegang Ihsan. Isinya juga nggak banyak, cuma 1 botol minum yang udah diisi ulang dari sumber mata air di Surya Kencana, sama (lagi-lagi) indomie beberapa bungkus, nggak lupa juga kamera dan bendera VECOVILING yang akan kami kibarkan.
Perjalanan menuju puncak Alhamdulillah nggak seberat tanjakkan setan. Memang jalannya full nanjak, tapi nggak terlalu berasa karena pemandangannya ampun-ampunan indahnya! Setiap beberapa langkah gue naik, dibelakang gue bisa keliatan seluruh Surya Kencana dengan Gunung Guntur yang jadi background nya. Subhanallah!
Makin naik, kita makin susah nafas. Atmosfer semakin tipis, sampe gue nggak bisa nafas dari hidung sama sekali. Akhirnya gue cuma ngandelin megap-megap nafas dari mulut kayak ikan. Walaupun kita semakin deket sama matahari, sama sekali nggak ngerasain panas nya, bahkan tambah dingin!

Daaaaaan setelah 1 jam kita berjalan.....

07.00 WIB

“WOOOOY AYO CEPET WOOOOY UDAH NGGAK ADA POHON LAGI! INI TANJAKKAN TERAKHIR! LO MESTI LIAT KESINI AYOOOOO!” Suara teriakkan Miro di depan membuat gue dan anak-anak yang lain kaget. Takut, excited, dan semangat buat ngeliat apapun yang ada di depan itu bikin gue dan yang lainnya lupa sama rasa capek.

Hingga akhirnya, jalan yang terang udah terlihat, dan kita sampai pada pohon terakhir...

Dengan pegangan tangan, satu persatu kami dituntun Miro menuju.....

PUNCAK GUNUNG GEDE, 2958 METER DI ATAS PERMUKAAN LAUT

SUBHANALLAH! LAILLA HAILALLAH! ALLAHUAKBAR!
 Tangis gue dan beberapa anak-anak yang lain pecah. Rasa haru, bangga, nggak percaya, semua membludak dari dada. Nggak tergambarkan! Bisa membawa raga gue nyampe ke tempat setinggi itu dengan kaki gue sendiri, nggak pernah terbayangkan sebelumnya sama gue.
 Dari sini, dari Negeri Di Atas Awan ini, gue membawa kabar untuk keluarga gue, sahabat-sahabat gue yang selalu ada buat gue bahkan dititik terendahpun, ini untuk kalian! Ini puncak kita! Bahwa mimpi kita memang setinggi puncak ini, dan dengan tekad, perjuangan, serta persahabatan, akhirnya kita mampu mewujudkan impian ini.
 Untuk mama, ayah, dan Tasya. Kaka nyampe! Kaka bisa! Kaka yang selama ini manja dan nggak pernah mau bersusah-susah, akhirnya bisa keluar dari zona aman itu. Terimakasih untuk izin dan lantunan doa yang nggak pernah berhenti kalian haturkan demi keselamatan kaka dan teman-teman. 

Untuk Erbi, makasih ya sayang untuk semua keraguannya, bikin aku termotivasi buat buktiin ke kamu kalo aku bisa! hehehe deep down I know you care so much to me. Thankyou.
 Untuk Libna, Aci, Miro, Didi, Dodi, Ce, Nadi, Bojep, Ihsan kecil, selamat kawan! Kalian berhasil mengalahkan apapun untuk bisa berpijak di tanah tertinggi ini. Kalian luar biasa.
 Untuk Yoni, Agi, Ajib, Asep, Masbro, Riza, Masrun, Aris, yang udah ngejagain kita semua sampe selamat, terimakasih banyak. Walaupun kalian nggak ikut ke puncak, tapi semangat, perjuangan, dan pengorbanan kalian selalu gue bawa. Kalian orang-orang terhebat dan tertulus yang pernah gue kenal. Terimakasih untuk persahabatan dan menganggap gue layaknya adik kalian sendiri yang harus kalian jaga.
 Untuk VECOVILING, ini adalah puncak pertama dimana kami bisa mengibarkan bendera mu sejajar dengan bendera Indonesia pada 2900 m. Untuk teman-teman pendiri, ini adalah langkah awal kita untuk membesarkan nama wadah tempat kita menyalurkan semua kegilaan ketika penat akan rutinitas kuliah.
 Untuk SIL, Alhamdulillah mimpi kami membawa jaket kuning-abu berdiri di atas puncak Gunung Gede bisa terwujud. Kali ini bukan cuma Miro seorang, tapi 18 orang membawa mu dalam cinta di hati kami. Semoga kami bisa terus mengibarkan panji SIL dipuncak tertinggi dimanapun. Membawa SIL menjadi sebuah departemen yang besar, yang kokoh, yang mahasiswa-mahasiswa nya kuat dan tegar untuk selalu membanggakan almamater.
 Dari negeri di atas awan ini, saya membawa kabar. Bahwa tidak ada kata mustahil untuk kita yang selalu percaya, tekad akan mengalahkan segalanya.
 Dari negeri di atas awan ini, saya membawa kabar. Bahwa persahabatan sejati adalah sesuatu yang tak ternilai harganya, dan itu harus selalu kita jaga.
 Dari negeri di atas awan ini, saya membawa kabar. Bahwa kalian semua, ditunggu dipuncak tertinggi!

Sampai jumpa Gunung Gede, terimakasih untuk segala pelajaran dan kenangan tak terlupakan! Suatu saat, saya akan kembali! Aaamiin!









You May Also Like

0 comments