(S)udah (T)amat!

by - Juni 27, 2014


Kalau boleh dibilang, momen ini bener-bener ibarat pecah bisul. Kalau orang biasanya inget saat-saat si bisul pecah, yang lega nya luarrrrr biasa, tapi sebenernya pas mau meletusnya itu yah, suakiiiiiiiitnya masha Allah....

Sidang skripsi jadi waktu dimana empat tahun masa kuliah gue dipertanggungjawabkan. Woelah lebay hahaha. Tapi entah emang lebay, atau orang lain juga ngalamin, gue dari seminggu sebelum sidang udah ngerasain yang namanya biang dari seluruh biang deg-degan. Susah tidur, susah makan, susah mikir. Waaah beneran kacau deh siklus hidup! Dari mulai sering mimpi tentang ujian yang absurd-absurd, sampai jutek dan senewen ke semua orang. Dikit-dikit nangis! Sumpah sensitif abis kayak testpack hohoho. Bawaannya pengen sendirian aja deh pokoknya.

26 Juni 2014

Lalu hari itu, mau nggak mau, siap nggak siap, akhirnya harus dilewatin juga. Malam sebelumnya gue udah nggak nyentuh bahan sama sekali, malah sibuk maskeran dan nyoba-nyoba baju sama stylist+make up artist kesayangan. Huehehe. Sebenernya sih udah deg-degan banget, makanya saking nggak tenangnya itu akhirnya gue nyoba ngalihin pikiran dari sidang. Paginya, gue masih sempet ngiter-ngiter beli bunga buat Memel dan Libsy, yang hari itu juga sidang sebelum gue. Semua biasa aja, ketawa-ketawa sama anak-anak, riweuh foto-foto.
Selfie, selfie everywhere....
Sampai akhirnya.....

13:30, Ruang Sidang SIL.
Rasa deg-degan, nervous, nggak tenang, semua hilang saat gue dipanggil masuk ke ruangan. Yang sisa saat itu cuma satu, pasrah. Sebelum mulai, gue diajak ngobrol-ngobrol dulu sama Pak Pras, dari mulai soal kabar sampai skor bola tadi malam. Ketawa-ketawa, semua cair gitu aja. Lalu gue presentasi, dengan slide gue yang kata orang-orang terlalu meriah kayak mau disajiin ke anak TK (huahahaha), rasanya biasa aja, bener-bener biasaaaa aja. Semua baik-baik aja sebelum negara api salah-satu-dosen-penguji mulai menyerang nanya-nanya...

Broh, dari tiga dosen yang ada disitu, dari dua jam waktu sidang, salah satu dosen hebat itu ngabisin waktu satu jam sendiri buat ngececer gue. Segalaaaaaaaa macem ditanyain dari mulai kenapa orang-orang Jakarta belum mati, sampai WHO-WHO segala. Dari mulai ngomentarin (hampir) semua halaman sampai nulis tulisan gede "MALU!" di daftar pustaka. Dari mulai gue jawab dengan yakin dan lantang, sampai nahan nangis saking nggak taunya mesti ngomong apa lagi. Kalau boleh gue bilang, gue ngerasa gagaaaaal banget disitu. Kayak orang bego nggak ngerti apa-apa. Mental jatoh banget. Itu air mata udah menggenang tinggal nunggu jatoh. Sampai si dosen penguji yang lain dan dosen pembimbing gue udah baik banget nggak nanya macem-macem lagi. Mungkin udah nggak tega kali yah ngeliat muka gue udah acak kadut begitu :")))

Lalu, gue dinyatakan lulus. Alhamdulillaaah.... Saat itu, gue bahkan nggak peduli mau dapet nilai apa, mau ada revisi segimana hebohnya. Yang penting, ini semua udah selesai.... 

Dan diluar ruangan ada orang-orang yang dengan setianya (atau mungkin terpaksa huahuhahua) nungguin gue, plus kejutan dari Tami yang awalnya bilang nggak bisa dateng, langsunglah pecaaaahhhh itu air mata. Nangis sesengukan sambil melukin Tami. Hehehehe :''''))

Untuk semua keceriaan, kepedulian, support, dan hadiah-hadiahnya, terimakasih banyaaaaakkkk SIL 47 ku tersayaaaaaaaang!

Terharuuuuu banget hehehehe, sekali lagi terimakasih ya semuanyaaaa!
Kalian baik-baik bangeeeettt :") Aku sayang kalian deh pokoknya! ({})

Tami&Maya! Trio riweuuuh :D
cantik-cantik dan ganteng-ganteng kuu :3
Terimakasih banyaaaaak!!!! :'''')))
Sebelum euforia ini ketutup sama revisi lalalala, gue sejenak mau ngucapin rasa syukur yang besaaaaaarrr banget.... (Ini anggep aja lembar terimakasih di skripsi yah hahaha)

Alhamdulillah, Allah Maha Baik. Nggak henti-hentinya ngucap syukur. Nggak ada kejadian, kesempatan, kemudahan, kalau Allah nggak mengizinkan. :")

Untuk mamah dan ayah. Semua doa, restu, kasih sayang, support, dan cinta yang nggak pernah berhenti dicurahkan 20 tahun ini. Bersyukur banget punya kedua orang tua yang selalu melimpahkan perhatian luarrrr biasa besar ke anak-anaknya. Mamah yang setiap hari, dari pagi sampai pagi nggak pernah berhenti ngedoain di setiap sujud panjangnya, mengingatkan untuk tetep jaga kesehatan disela sela kesibukan kaka yang kadang lupa bales sms mamah, yang dengan tulusnya selalu masakin makanan kesukaan setiap kaka pulang biar kaka semangat. Ayah yang udah kayak mentor pribadi, yang selalu dijadiin tempat nanya kalau kaka nggak ngerti. Yang walaupun usil, jahil, ngeselin, tapi sampai izin buat nganterin kaka bolak balik Jakarta - Pandeglang - Serang - Jakarta dari pagi sampai malam buat ngais data. Ini yang mungkin ngebuat kaka, walaupun anak pertama, tapi tetep manjaaaaaaaa nya nggak kira-kira. Hehehehe. Gimana nggak, tiap mau kemana-kemana pasti dipelukin di cium-ciumin mulu, tiap pagi siang sore malem selaluuu dismsin, sampe kadang-kadang suka ngerasa kayak anak umur masih lima tahun hueehehe :P
Maaf ya, kaka belum bisa banggain mamah dan ayah, tapi semoga ini jadi sedikit kebahagiaan atas segala peluh dan keringat ayah dan mamah.
Udah nggak mau nulis lagi ah, nanti nangis hehehe. Kaka sayang banget sama mamah dan ayah pokoknya!

Untuk adik kecil (yang sekarang sudah beranjak besar)ku, Ratu Tasya Andriani. Yang selalu nggak pernah mau diciumin dan dipelukin. Ih nanti sama pacarnya ajaaaa, mau woooo hahaha. Makasih ya udah bantuin skripsi kaka. Mau aja loh disuruh ngegoogling ini itu, bantuin ngitung, sampai bantuin bikin slide. Hahaha. Doain yah biar kaka cepet dapet kerja, biar bisa beliin kamu ini itu yang kamu mau, jadi nggak perlu minta sama mamah dan ayah lagi. Selamat juga ya Cuuul atas ranking 1 nya, banggaaaa banget! Dan tepat dihari yang sama kayak kaka. Mamah dan ayah dapet dua kado indah. Alhamdulillah :")

Untuk dosen pembimbing yang terhormat, Bapak Dr. Ir. Prastowo, M.Eng. Terimakasih banyak! Saya, pada akhirnya, bisa dengan bangga bilang kalau saya sama sekali nggak nyesel milih bapak jadi dosen saya. Bapak bener-bener ngebimbing banget, dari awal ngasih judul skripsi ini sampai ngebela di ruang sidang. Walaupun saya sering kesel gara-gara tiap konsul selaluuuu ditambah-tambahin mesti bahas ini itu, ngegamtek-gamtek banjir dll lah yang nggak jelas maksudnya apa, atau harus kudu dan pasti nunggu berjam-jam didepan ruangan LPPM, tapi semua itu saya rasain berguna banget Pak. Saya bersyukur, seenggaknya saya nggak pernah ngerasa kesulitan kalau mau konsul. Sesibuk-sibuknya bapak, pasti bapak selalu nyediain waktu. Walaupun bapak nggak pernah mau ngebaca draft, itu bikin kita mandiri dan bisa belajar ngoreksi apa yang salah dari diri kita sendiri. Walaupun bapak nggak pernah secara gamblang ngejelasin apa yang harus kita lakuin, itu bikin kita banyak belajar untuk nyari-nyari literatur dan nggak males buat baca. Walaupun bapak sering badmood dan marah kalau kita nggak ngerti atau ada yang nggak sesuai sama keinginan bapak, tapi saya terharu banget pak, pas bapak kemaren ngomong; "kamu nggak salah Rima, Pak %$^$^$ itu yang salah." Saya jadi nggak ngerasa bego-bego amat. Hehehe :") Terimakasih banyak Pak Pras, atas segala ilmu, bimbingan, nasehat, dan motivasinya! :D

Untuk Siti Utami Dwi Putri, yang gue beneran tulis di lembar prakata skripsi gue hahaha. Terimakasih atas persahabatannya yang...... ini bahkan nggak bisa diomongin pakai kata apapun :") Pertama kali ke Cilegon sendirian, dijemput dan nginep di rumah lo, sampai dianter Om Ubay keliling-keliling Serang-Pandeglang buat penelitian gue. Trus juga dikenalin nasi gonjleng yang enaknyaaaa subhanallaaaah bikin nagiiiiiiih. Aaaahh ini harusnya thanks for Tami and Family yah! Hahahaha. Sampai sidang gue pun lo bela-belain langsung dateng dari Cilegon, beli ini itu, sampai nggak sempet makan dari pagi. :") Begitu peluk lo, langsung ngucuuuurrr itu air mata hehe. Aku sayang kamu banget beeeebs!


Untuk sahabat-sahabat DDL akuuuu, Annetta Sihombing, Melinda, dan Libna Chaira, we did it! Terimakasih buat segala-galanya ya gaeeeees. Makasih banyak untuk semua cerita saat perjalanan skripsi kita ini. Makasih untuk berjuang bareng-bareng dari awal sampai akhir. Saling ngebantu, saling ngingetin, saling peduli. Dari mulai nyewa-nyewa motor buat keliling-keliling Bogor demi mengemis data, sampai nginep di kosan riweuh ngejar deadline. Dari di PHP-in sana sini, sampai nunggu berjam-jam demi ketemu dosen tercinta. Susah, sedih, seneng, badmood, kecewa, lega, bahagia.... Semua udah kita lewatin. Dan sekarang, dua langkah terakhir kita, sayang-sayangku. Revisi, lalu disana, kita berdiri bareng-bareng di GWW yah, in shaa Allah. :") Untuk bundo Anisa Ayu Artati, ayo semangat ngolah datanya! :)

wanita-wanita tersayaaaang :D
Untuk wanita-wanita terhebat.... Miro yang udah setiaaaaaaa bangetttt nungguin gue dari pagi, Maya yang riweuh perhatian ini ituuuu, Edi yang sering minjemin motor sampai ikut ngerusuh dikosan, Aunty Ria yang selalu mau repot-repot dandanin biar cantik, Buneg yang bawa-bawain cokelat, Rara yang ngasih mug super lucuuu... Buat kalian, terimakasih banyaaaak cantik-cantikku! Makasih udah dateng kemaren! Mmmuuaaahh!
Bu Make-up artist kuuuu! <3
Miomiroro! :*
Mayate! :*
Untuk.... (iye gue tau panjang banget huahahaha gapapa yah :"))
Selfie ter-riweuuuuuh! Hahahaha lucu banget ih kalian
Untuk Tama, Boshen, dan Adam. Tiga sahabat cowok the riweuh(s)... Makasih yaaah cokelatnya, makasih persahabatannya, makasih jalan-jalannya! :"D
Untuk Faiz yang udah baik banget bantuin bikin gamtek teras, terimakasih banyaaaaakkk! kalau nggak ada lo iz, entah gimana nasib gue :"D
Untuk cowok-cowok serem namun onyo yang juga nyempetin dateng sidang dan ngasih macem-macem hadiah... Aa Ajib, Bosyon, Agindut, Dodoy, Macuna, Eko, Upay, Ihsan Dede, Masbro... Makasih banyaaakkk kaliaaan! \:D/
Terimakasih, cowok-cowok super baik! :D
I'm blessed :")
Untuk anak-anak SIL 47 yang lain, yang nggak bisa gue sebutin satu persatu tapi nggak ngurangin rasa sayang gue ke kalian, terimakasih banyaaakkkk untuk tiga tahun yang luar biasa!!! Yang udah sidang juga, selamat atas gelar Sarjana Tekniknya, untuk yang belum, semoga segera menyusul. Dan semoga kita semua (S)elalu (S)ukses! Aamiin :D


This is not the end, but another new beginning. New challenges, new paths, new adventures await in the future. But for now, I wanna enjoy this once-in-a-lifetime moment for a while

Satu mimpi besar dalam hidup, Alhamdulillah bisa terwujud. Menjadi sarjana di usia 20 tahun. Terimakasih, Sarjana Teknik. :)

*lirik-lirik revisian* ntar dulu aaaahhh~~~ HOHOHO

Love, praise, and bless.


You May Also Like

0 comments