It's Gotta Be You!♥

by - Juli 01, 2014


Konsep jodoh, adalah satu hal yang sampai sekarang masih nggak saya mengerti. 

Ada yang bilang, "kalau yang namanya jodoh itu, nggak usah dicari-cari, nanti pasti datang sendiri."
Ada juga yang bilang, "kalau jodoh, pasti jalannya dimudahkan kok." 
Atau juga sesimpel bilang: "iiiih muka lo mirip deh sama dia, kayaknya kalian jodoh!"
Lalu, how can we know that she/he is really the one for us?
Apa yang dimaksud orang yang tepat itu adalah orang yang tiba-tiba datang ke hidup kita, lalu masuk ke hati kita tanpa kita sedang berusaha mencarinya?
Atau orang yang tepat itu berarti orang yang dengan bersama dia, semua hal kerasa lebih mudah, lalu kita yakin bahwa dia adalah orangnya?
Atau maksudnya, orang yang tepat itu berarti orang yang mirip sama kita, semacam soulmate, dengan segala kemiripan dan kesamaan yang dimiliki?
Atau juga, orang yang tepat itu yang bisa membuat jantung kita berdebar tiap ngelihat dia, sekaligus mampu memberikan rasa nyaman saat kita sama dia?

Atau.... Apa dong?

Kita kan mana tau, emang si orang yang tiba-tiba datang ke hidup kita itu apa akan selamanya menetap, atau cuma mampir aja.
Emang juga, gimana kita yakin kalau nanti bertahun-tahun ke depan, semua yang kita jalanin sama dia akan selalu kerasa lebih mudah.
Trus, emangnya kalau mirip, atau banyak kesamaan antara diri kita sama dia, itu berarti dia pasangan buat kita? Siapa tau selera nya emang kebetulan sama.
Dan, emangnya kalau dia bikin kita deg-degan, trus itu berarti dia orang yang kita cari? Perasaan kalau kita pedekate sama orang, selalu gitu ah rasanya. Trus emangnya kalau bikin nyaman, berarti beneran dia? Kan sama temen-temen juga kita pasti ngerasa nyaman.

Ishhh, bingung.

Jawaban paling pasti dan gampang untuk ngejawab semua pertanyaan-pertanyaan itu adalah: "Jodoh adalah salah satu hal yang telah di tetapkan di Lauhul Mahfuz."

Iya, berarti memang mutlak. Tapi trus timbul lagi pertanyaan-pertanyaan lanjutan,

Jadi, kita bisa dibilang jodoh kalau hubungannya sampai menikah?
Trus, kalau udah nikah tapi pisah, berarti bukan jodohnya?
Atau tadinya jodoh tapi trus sudah habis masa jodohnya?
Atau kalau menikah, lalu pasangannya meninggal, lalu menikah lagi, itu berarti jodohnya yang mana? 

Makin bingung ya.

Ya, mungkin jodoh adalah salah satu rahasia yang kita, manusia, nggak akan pernah tau.

Tapi sampai detik ini, saya meyakini, bahwa jodoh bukan hanya campur tangan Tuhan, melainkan didalamnya juga terselip perjuangan-perjuangan.

So, how we know she/he is the one for us?

Bukan gitu cara kerjanya. Tapi, we ARE the one who make she/he is the one.

Orang yang datang tiba-tiba, orang yang dengan bersama dia kerasa semua terlihat mudah, orang yang punya banyak kemiripan, bahkan orang yang bisa ngebuat kita ngerasa sangat amat nyaman sampai ngerasa nggak ada orang yang ngertiin kita lebih selain dia, bukan jaminan mutlak bahwa dia adalah orang yang tepat.

Tapi kita sendiri yang membuat pasangan kita menjadi orang yang tepat untuk kita.

Kita memilih. 

Lalu dari pilihan yang telah kita buat tersebut, kita berjuang. Dan pasangan kita pun sama-sama berjuang.
Dengan segala kekurangannya yang mampu kita tutupi dengan kelebihan kita, pun sebaliknya. Dengan kesabaran untuk mengkompromikan segala perbedaan yang ada. Dengan bait-bait doa yang selalu kita panjatkan agar kebaikan menyertai kita dan pasangan kita. Dengan terus berusaha untuk selalu memperbaiki diri, menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik lagi, agar hubungannya selalu membawa kebaikan. Perjuangan.
Lalu kita yakin. Keyakinan bahwa kita telah membuat pilihan kita menjadi pilihan yang tepat. Keyakinan bahwa yang kita lakukan adalah hal yang tepat. Dan pasangan kita pun meyakini hal yang sama.

Jadi begitu. Bukan hanya kita sendirian, ataupun pasangan kita sendirian. Tapi saling percaya, yakin, dan berjuang bersama.

 
Sisanya, biar Tuhan yang menentukan.

"Jodoh ditentukan oleh Allah, tapi bukan orangnya, melainkan mekanisme-Nya sebagai sunnatullah. Dia kau dapatkan dari hasil usahamu bersesuai dengan kapasitasmu." -Pidi Baiq

So, yes. It's gotta be you. :p
 
Wallahualam.


Selamat sore,

You May Also Like

0 comments