"Padahal berawal dari 15 ribu ya Mbak, seharusnya..."

by - Februari 27, 2016

(Sumber: http://theodysseyonline.com)

Jadi ceritanya, beberapa hari yang lalu connector HP gue rusak. Gara-gara gue anaknya emang suka buru-buru gituh kalo nyolok-nyabut casan. Jadilah itu ada yang kegeser eik nggak ngerti apanya dan berakhir pada nggak bisa ngecas.

Panik dong gueeee, GIMANA INI KALO NGGAK ADA HAPE? Yha walopun jomlo, kaga ada yang nyariin, chat selalu sepi, tapi tak apah. Ku tetep butuh HP buat scroll-scroll Path ngeliatin apdetan orang-orang yang lagi kesini, makan disitu, sama si ini, dll dll. Ku tetep butuh HP buat love-love foto di instagram yang udah di-filter 131437 milyar kali trus ditambahin quote-quote bijak nan indah. Ku tetep butuh HP buat nulis-nulis status nggak penting di Twitter trus nanti beberapa jam kemudian di hapus lagi setelah nyadar, idih ngapain sih gue nulis ginian. Pokoknya, KU BUTUH HAPE. TITIK.

Berbekal ke-nggak sabaran dan ke-super butuhan itu, akhirnya gue memutuskan untuk ngebawa HP yang nggak-sehipster-iphone-tapi-berguna ini ke Blok M. Nggak usah disensor, udah pada tau kalo Blo'M adalah surganya segala yang murah-murah. Baju murah, dvd bajakan murah, sampe benerin gadget murah.

Nyampe di satu toko yang gue milihnya asal-asalan aja nggak pandang bibit bebet dan bobot karena ini bukanlah nyari jodoh, gue langsung berkeluh kesah ke si abang. Tanpa banyak babibu, si abang yang sepertinya handal ini bilang, "Connectornya harus diganti mbak." Sungguh canggih, membuktikan doi udah banyak pengalaman yang bisa ditaro di CV.

Karena gue anaknya percaya aja sama si abang, yaudah gue serahkan HP gue tersebut buat di utak atik. Satu jam kemudian, HP gue pun udah bisa ngecas lagi dengan biaya servis 100 ribu. Mayan, pikir gue. Yang penting kegiatan per-medsosan gue akhirnya nggak terganggu.

Tapi ternyata, pas nyampe di kantor, gue baru menemukan keanehan. Emang sih, HP gue bisa ngecas, tapi selalu ada notif "slow charging" tiap dicolok. Udah gitu, tiap gue colokin HP ke laptop, SD card nya nggak kebaca sama sekali. Kzl dooong, besoknya gue balik lagi ke si abang dan kembali berkeluh kesah. Dan apa yang terjadi?

Dengan santainya, si abang menjelaskan ke gue kalo sparepart LG disana nggak ada, jadi dia ngegunain sparepartnya Samsung yang udah jelas-jelas beda. Dan dia juga udah tau itu nggak cocok, dan lalu bilang, "Yah, kan yang penting bisa ngecas Mbak... Ya toh?" YA TOH, YA TOH, NDASMUH! Gue nggak terima dong, rasanya tuh kek lo jadian sama orang yang sebelumnya ngaku single, eh abis itu lo baru tau ternyata cucunya udah 15. Akhirnya gue minta sparepart asli HP gue yg kemaren dimasukin lagi, dan si abang pun setuju sambil ngebalikin duit gue.

Kenapa sih gue nggak langsung benerin di LG Service Centernya aja? Soalnya pikiran gue, 1. Biasanya pasti lama; 2. Harganya lebih mahal.

Tapi karena kepepet, ujung-ujungnya gue dateng ke LG. Setelah ngantri yang nggak lama-lama banget sih ternyata masih lamaan ngantri masuk konser Korea, gue menghadap mas-mas teknisi dan langsung curhat panjang lebar kali tinggi jadi volume. Trus si mas-mas tersebut bilang, "Ya pantes aja mbak nggak bisa masuk casannya, ini bukan connectornya LG." ....Lah gue bingung dong, "Ta... ta.. tapi mas! Ini udah diganti lagi pake connector saya yang asli kok! Udah dituker lagi!" Si mas teknisi kekeuh, "bukan mbak, ini beda."

Iyah. Si abang Blok M ternyata menipu gue dengan naro connector entahlah punya siapa dan jenis apa ke HP gue, padahal gue udah minta dibalikin kayak semula. Dan gara-gara gue udah males capek dan lelah buat balik ke si abang buat protes dan marah-marah, gue pasrah minta di ganti aja sekalian semuanya sama sparepart original yang baru. Ternyata pengerjaannya cepet banget nggak nyampe 15 menit, tapi kena 250 ribu.

Di akhir, si mas-mas teknisi LG bilang ke gue, "Padahal kalo mbak langsung bawa kesini, nggak bakal kayak gini loh mbak. Itu connectornya mbak awalnya cuma kegeser aja gara-gara nyabut kabel casan terlalu kenceng, tinggal dibenerin aja disini sebentar, cuma 15 ribu."

.....

.........

..............

OH. OKE MAS. MAKASIH LOH, BIKIN SAYA MAKIN NYESEL.


****

Setelah kejadian itu, gue balik ke kantor dengan pikiran yang kusut. Bukan cuma gue kesel ditipu abang Blok M, bukan cuma gue sedih kehilangan 250 ribu yang notabene lebih 10x lipat dari yang seharusnya bisa gue keluarin, tapi gue juga mikir.... Ini gara-gara gue nggak sabaran dan pengen yang serba instan.

Sama nggak sih sama yang kita sering banget, sadar nggak sadar, lakuin sekarang? Kita hidup di jaman semua serba harus cepet, buru-buru, dan pengen dapet hasil yang instan. Kalo dulu, kakek nenek kita harus kerja banting tulang trus nabung berpuluh-puluh tahun lamanya buat bisa beli rumah, sekarang kita baru pertama kali kerja aja udah ngarep gaji puluhan juta. Kalo dulu, apa-apa harus pake proses yang panjang, sekarang maunya langsung sampe ke tujuan.

Padahal, apa masalahnya sih kalo gue sabar nunggu beberapa hari aja itu HP dibenerin, kan dunia nggak bakalan kiamat (ya kecuali emang udah waktunya ya). Apasih yang gue lakuin pake HP? Nggak mau ketinggalan kabar terbaru dari temen-temen di medsos? Nggak mau kesepian nggak megang-megang HP dan nggak ada yang bisa diajak ngobrol?

Berangkat dari itu, gue diskusi sama satu temen gue. "Eh sadar nggak sih sekarang kita tuh lebih tau kabar temen kita dari medsos, ketimbang ketemu dan cerita-cerita langsung?" Dengan adanya medsos, lo udah tau sehari dia kemana aja, ngapain aja, sampe dengerin lagu apa. Dan itu ngebuat ketika lo ketemuan sama temen lo itu, udah nggak ada lagi yang perlu lo tau. Semua udah duluan keekspos. Dan lo sekarang lebih sibuk ketemu buat foto-foto trus di update di medsos lo. Ya nggak?

Padahal lagi, yang kita butuhin lebih dari itu semua. Gue sempet kepikiran buat berhenti mainan medsos, tapi kerjaan gue membutuhkan gue buat selalu up sama media sosial. Gue juga kepikiran buat meng-unshare dan meng-unfollow sahabat-sahabat gue di medsos, tapi belum tau nih sanggup apa nggak ya.... Huvt.

Eh btw, tadi kan gue awalnya lagi cerita HP rusak ya? Yha, yaudala, udah biasa.

You May Also Like

2 comments

  1. Semoga HP nya gak rusak lagi. Kalaupun rusak, semoga cepet dapet ganti baru. Salam kenal.

    BalasHapus