Terusik Oleh Hijab

by - Maret 01, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

Gue agak deg-degan sebetulnya mau nulis ini hahaha. Terlepas dari mengikuti isu-isu dan perdebatan yang ada, baik di dunia nyata ataupun di dunia maya, gue sebelumnya nggak pernah mau berkomentar lewat tulisan panjang. Diskusi, yes. Tapi nulis, nggak berani. Hakhak. Tapi topik yang satu ini udah bener-bener mengusik gue, sehingga gue nggak lagi bisa nahan untuk berpendapat.

So, dari mulai huruf pertama yang gue tulis sekarang, adalah murni opini gue sebagai satu individu, dan nggak mewakilkan siapa-siapa, ataupun menjustifikasi hal apapun. Kalaupun tendensius, ini adalah tentang isi hati gue.

Ada dua hal yang bikin gue akhirnya meledak, setelah sekian lama merasa terusik. Oleh hijab. Oleh pandangan orang-orang tentang hijab. Oleh pembenaran banyak kalangan mengenai orang yang berhijab.

Kemarin (bahkan sampai sekarang gue nulis ini), di Twitter lagi rame banget sama perdebatan antara para fans K-Pop dengan salah satu stand-up comedian (yang dulu gue suka karena lucu-lucu berbehel gitu uwuwu. Iyah, gue lemah banget sama cowok behelan hakhak oke lanjuddd). Gue nggak akan ngebahas tentang K-Pop nya sendiri ya, karena gue sih sebagai anak kipop garis keras sebenernya santai-santai aja. Yha mau dibilang alay, dibilang lebay, dibilang suka sama cowok-cowok cantik yang kek hombreng, apapun deh, bodo amat. Lah gue ya gue, situ ya situ. Tuhan kita satu, selera kita yang tak sama. Asyedap.

Tapi ada salah satu statement dari si “comedian” ini yang bener-bener bikin gue pengen misuh-misuh. Ada beberapa twitnya, gue rangkumin aja sebagiannya ya, karena males nge-scroll-scroll lagi.

“Mending liat cewek pake baju sexy di tempat dugem sambil mabok2 daripada liat cewek hijab di konser Korea sambil nangis2. Pfft.”

Dia emang boleh-boleh aja beropini, dan gue juga boleh-boleh aja beropini atas opininya dia. Jadi, maaf, menurut gue, ini bego.

Gue nggak ngerti-ngerti banget tentang agama, tapi pemahaman dan judgement orang tentang seseorang yang berhijab sering banget bikin gue terusik, gelisah, nggak terima, dan hati gue ngerasa pengen menentang. Banyak yang bilang,

“Kok berhijab tapi...... gini, gitu, ini, itu, atas, bawah, depan, belakang, maju, mundur, dll, dll, dll.”
“Daripada lo berhijab tapi......, mendingan lo benerin dulu deh kelakuan lo, omongan lo, dll, dll, dll”

Sering banget kan kita ngedenger yang kek gitu? Hijab selalu dikait-kaitin sama akhlak. Pokoknya kalo lo udah berhijab, lo berarti udah harus suci dan nggak boleh ngelakuin kesalahan apalagi dosa! Kalo masih, berarti lo munafik! MUNAFIK! HAH! LEPAS AJA TUH JILBAB LO! MENDINGAN NGGAK USAH  JILBABAN! HATI LO DULU TUH JILBABIN! PALSU! Hah. Ngos-ngosan. Capek.

Menurut gue, menurut hati gue, menurut pemahaman gue, hijab dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Di kitab gue, sepengetahuan gue (boleh dikoreksi), berhijab atau menutup aurat adalah aturan berpakaian yang nentuin bagian-bagian tubuh mana aja yang nggak boleh terlihat sama orang lain. Sederhananya, ini aturan yang sama kayak lo kalo di sekolah harus pake seragam, bajunya nggak boleh ketat-ketat trus dikeluarin, trus pake rok harus di bawah lutut, kaos kakinya putih polos, sepatunya item nggak boleh pake converse, dll, dll.

Adakah hubungannya sama akhlak? Mereka berbeda, tapi hubungannya jelas ada. Yang udah berhijab pasti diharapkan akhlaknya bisa semakin baik, karena mereka udah mau ngikutin peraturan yang ada. Sama aja, balik lagi kek di sekolah, dengan lo udah ngikutin peraturan pakaian tadi, lo DIHARAPKAN untuk ngikutin peraturan-peraturan lainnya. Tapi...... Belum tentu juga kan?

Lo ngebanding-bandingin mendingan ngeliat cewek seksi mabok di club sama cewek berhijab tapi nonton konser nangis-nangis, maaf, di manakah letak korelasinya? Adakah unsur perbandingan yang bisa dibandingkan?

Gini nih, kalopun mau ngebandingin ya. Misalnya, ada dua orang. Yang satu berhijab, yang satu nggak. Dua-duanya maling. Ibaratnya tuh, yang satu maling tapi pake baju. Yang satu lagi maling tapi telanjang. Dua-duanya salah, tapi letak perbedaannya cuma di pakaian tadi. Apakah dengan lo pake baju, udah jaminan lo nggak jadi maling? Apakah semua orang yang pake baju nggak akan ada yang jadi maling? Atau, apakah yang boleh jadi maling cuma orang-orang yang nggak pake baju aja? “Woy lo mau maling?? Lepas dulu tuh baju lo!!!” Nggak gitu kan?
 "Terkadang suka ngebayangin lebih banyak mana, hijabers yang nonton konser Sulis atau yang nonton konser Suju??? banyakan Suju sih."

Lo cabut “Suju” nya, lo ganti dengan apapun jenis musik dan grup band/musisi favorit lo, tetep aja menurut gue statement ini juga, maaf, bego.

Gue paham maksudnya, dia (mungkin) pengen ngingetin, “hayyy cewek-cewek berhijab, mendingan lo ikut-ikut acara keagamaan yang lebih bermanfaat daripada nontonin acara yang nggak ada tuh anjurannya di Al-Qur’an.” Yes, jaman sekarang, emang kayaknya kita lebih semangat, seneng, dan antusias kalo ke acara-acara kek gitu ya. Bagus banget sebenernya kritik dan pesannya. Tapi... yang gue nggak bisa ngerti adalah.... hijabnya lagi.

Apakah yang harus nonton konser Sulis cuma orang-orang yang berhijab aja? Apakah kalo nggak berhijab berarti boleh milih nonton konser Suju dibanding Sulis? Ini maksudnya gimana mz? Padahal kan, berhijab atau nggak, orang-orang yang agamanya Islam tetep aja sama-sama muslim. Sama-sama punya kewajiban yang sama, sama-sama punya hak yang sama. Gue gagal paham.

Intinya tuh.... Apa ya hakhak. Gue menulis ini bukan sebagai pembenaran kalau cewek jilbab tuh boleh ngelakuin hal-hal yang nggak bener, nggak wajar, dan dosa. Nggak. Tapi kayaknya memandang akhlak cuma dari segi "hijab" aja juga kok ya rasanya terlalu sempit. Iya, hijab, jilbab, kerudung, dsb adalah identitas lo sebagai Muslim. Merepresentatifkan agama lo yang harus lo jaga. Tapi apakah kalo lo nggak berhijab, lantas identitas lo sebagai Muslim hilang, dan lo berhak untuk melakukan hal-hal yang nggak bener, nggak wajar, dan dosa?


Udah ah jadi pusing, jadi takut juga. Kalo gue salah, boleh ya dikoreksi.

Terakhir, Dear Uus, kalo klub bola favorit lo berhasil nyabet semua gelar dalam satu musim, lo ada perasaan bahagia dan terharu nggak? Kalo lo ngeliat musisi favorit lo secara langsung trus ngebawain lagu yang lo suka banget, ada perasaan seneng yang membuncah gitu nggak? Kalo lo berhasil ngeliat adek-adek lo di wisuda, lo bangga sampe pengen keluar air mata nggak?

Berhijab, nggak berhijab, seksi, ataupun suka mabok, semuanya sama-sama manusia, sama-sama punya emosi. Nah nangis di konser, itu juga salah satu bentuk emosi. Sama kek nonton film sedih abis putus trus nangis bombay. Atau pas di acara muhasabah atau seminar-seminar motivasi. Apalagi pas lagi sholat, lagi doa. Bedanya nangisnya ya kalo ibadah mah nangis sendiri aja, diem-diem aja. Yha masa di apdet ke sosmed. Eh gapapa sih biar dibilang alim. Eh tapi ntar dibilang pencitraan juga. Hah, serba salah. Dah ah. Capek. Mwah!

You May Also Like

7 comments

  1. Mungkin Uus akan lebih 'pfft' lagi kalau di konser korea, dia melihat penonton berjilbab, tapi cowok. :p

    ....
    Lepas dari isu jilbab dan kaitannya dengan akhlak dan perempuan dengan pakaian lebih terbuka dengan kenakalan dunia malam, masyarakat kita (iya, kadang, termasuk kita) sulit sembuh dari stereotyping, yah.

    hmm.

    #permisinumpanglewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lepas dari Uus, jilbab, dan lain-lainnya, gue lebih heran kenapa lo tiba-tiba bisa ada disini Kiram! Hahahahaha

      Hapus
    2. Itu dia! Gue lagi nge-scroll2 terus kepleset sampai masuk ke laci meja belajarnya Nobita, dan sampailah di sini.

      nb. "disini" seharusnya "di sini" :p

      #permisi

      Hapus
  2. permisi, , , numpang ngeshare

    BalasHapus
  3. Masya Allah, Gregett juga bacanya wkwk
    Nice topik ukhti/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini greget pengen jitak atau gimana, Mas? Hehe. Terima kasih sudah membaca, maafkeun kalau ada yang tidak berkenan :)

      Hapus