8 Bulan yang Sungguhhhhh

by - Juli 30, 2019



Jadi, tahun lalu, gue punya rencana.

Begini rencananya....

Waaah, tahun ini (2018), gue bakal nikah. Oke, nanti gue bakalan rajin ngeblog. Mulai dari soal persiapan nikahan, list vendor-vendor oke, apa aja yang harus dilakuin, sampe rasanya jadi newlyweds. Asikasikasik hakhakhak.

Nyatanya.....

Satu tahun ke belakang (masih 2018), waktu gue habis buat ngurusin persiapan nikahan yang makan waktu hampir setahun lamanya. Boro-boro sempet ngeblog, weekend bisa pacaran normal aja syukur. Bukan cuma waktu habis buat ngedatengin calon vendor dan rapatin ini itu sama Kakiram, tapi juga mesti nahan-nahan diri buat gak ngeluarin banyak uang. Mending nabung boooookkk buat nambah-nambah gubukan catering. (Maklum, gue dan Kakiram pengen nikah sederhana dan sebisa mungkin gak ngerepotin orang tua, yang artinyaaa sebagian besar uang harus dari kami berdua).

Intinyah, gue gak jadi ngeblog tentang persiapan kewong, tapi Hamdulillah untungnya tetep jadi meniqah. Hakhak. Di tanggal 8 Desember 2018 lalu, akhirnya saya resmiiiii menjadi istri orang fufufufu~~

Berikut sedikit dokumentasi hari di mana penuh ketegangan, kesyahduan, kelegaan, dan juga keriweuhan nan tiada tara.








Ps: Nikahan gue diadain di Graha Jala Bhakti, Pangkalan Jati yang venuenya MURSIDA BAMBAANG alias murah banget. Hanya 5,5 juta biaya sewanya, belum termasuk tambahan akad, charge kebersihan dan keamanan. Lalu kami berdua cuma ngundang 250 undangan aja. Nanti deh pankapan ai review vendor-vendor yang cucok buat rakyat misqueen kayak gue, kalo ada waktu nan kesempatan tapik. Hakhak.



On the more serious nooooooote, bener kata orang-orang sih, sebenernya acara nikahan tuh, lo gak bakal segitu ingetnya. Serius. Gue sama Kakiram cuma inget kita mesti berdiri dua jam salaman dan foto-foto dari mulai masih fresh sampe muaq dengan "ayo gaya bebaaaaassss" dan pengen cepet-cepet selesai~ hahaha.


***


Kelar kewong resepsi, dimulailah kehidupan sepasang newlyweds yang....... sangat nano nanooo Allahuakbar hahahaha. Menikah itu indah, betul sekaliiii. Dan sangat menantang, YUP BENER BANGET YAALLAH. wkwkwk

Satu hal yang bisa ngegambarin mungkin adalah: PERUBAHAN. Perubahan demi perubahan bakalan lo alamin. Ya alamat berubah dan sekarang menetap jadi anak Gunung Sindur antah berantah, perubahan rute berangkat dan pulang kerja yang tadinya cuma sejam sekarang jadi 60 kilo bolak balik, perubahan peran dari jadi anak yang bisa manja-manja ke orang tua sekarang jadi istri, perubahan kebiasaan, perubahan prioritas, dan masih banyak lagi.



Dan hidup tuh SANGAT SEBEGITUNYA GAK BISA DITEBAK.

Seperti pasangan-pasangan muda walaupun suamik saya tak lagi muda pada umumnya, bayangan kami tentang newlyweds tentulah seindah saldo rekening ATM di tanggal gajian tiba. Membuat mata berbinar-binar dan hati riang gembira.

Banyak rencana, harapan, keinginan, yang udah disusun sama gue dan Kakiram. Misalnya, ngebayangin liburan berdua ke sana ke mari, menghias-hias rumah yang walau mungil tapi nyaman untuk kami tinggali, nabung buat beli mobil, berkarier lebih tinggi, punya kegiatan seru berdua yang dilakuin tiap libur, daaaaaaaaaaaaaan sejuta impian lainnya.

Tapi sebaik-baiknya rencana manusia, emang cuma Tuhan yang berhak ngasih stempel setuju atau ditolak. Nyatanya, gue dan Kakiram harus mengubah rute perjalanan dan rencana rumah tangga kami.

Dari berdua, jadi bertiga.


:')


***

Sebulan setelah nikah, tepatnya bulan Januari, gue dan Kakiram justru banyak berantemnya, HAKHAK. Serius, gue ngerasa sensitiiiiiifff banget. Apa-apa salah, dikit-dikit sakit. Dasar anaknya emang sering banget masuk angin dan maag sih, tapi setelah nikah tuh gue ngerasa makin lemah. Masuk angin mulu, eneg mulu, sensitif mulu. Sampe akhirnya gue ngerasa kok ada yang aneh. KOK GUE KAGAK MENS-MENS YAK.

Jadi gue pernah bilang sama Kakiram, "iiih takut deh gimana kalo aku gak bisa hamil". Kebanyakan nonton sinetron emang, yang kalo ceweknya gak bisa punya anak pasti nasibnya dua: 1. Suaminya nikah lagi, atau 2. Dikatain "DASAR KAMU MANDUL" sama mertua galak macem Leli Sagita. Belom lagi diomongin di tukang sayur sama tetangga-tetangga.

Tapi bukan berarti gue buru-buru pengen punya anak. Justru gue dan Kakiram belum kepikiran sama sekali. Kami nggak nunda sih, cuma kayak "jalanin aja yuk". Yang KAMI NGGAK TAU adalah.... Ya ketika lo udah nikah, dan lo gak punya persiapan, lo bakal MESSED UP. Karena hidup nggak ada yang tau. Jodoh, maut, rezeki, udah diatur. Dan Allah udah ngatur bahwa gue dan Kakiram akan dikaruniai anak. :')

Iya, gue hamil.


Karna gue udah telat mens, akhirnya di awal Februari gue beraniin diri beli testpack di Indomaret. WKWKWKWK. Itupun setelah ditunda berminggu-minggu. Awkward dan takut banget sumpah, kek abis kegep nyolong. Hahahah. Setelah bayar test pack di kasir sambil sok-sok nunjukkin jari bercincin, besok paginya begitu bangun tidur, gue langsung ke kamar mandi.

Gak beberapa lama.... Muncullah garis itu. Dua garis. Yang sangat, sangat jelas.

Gue langsung gemetaran, dan ngebangunin Kakiram. Udah gak inget deh pengen bikin video reaction macem Raisa Hamish. Begitu gue kasih tau, suamik gue yang emang dari sononya datar, ya tetep aja datar. Dan cuma bilang.... "oh...."

HAHAH SEBEL.



Long story short, gue beli lagi 3 testpack buat meyakinkan, dan semuanya hasilnya dua garis. Lalu bersama Kakiram dan mamah, kami pergi ke bidan karna waktu itu tanggal merah dan gak ada dokter kandungan yang praktek. Bidan bilang yes, dan pas gue kontrol ke RS Asih pun, gue akhirnya melihat dan merasakan untuk pertama kalinya.

Ada yang hidup di dalam tubuh gue.

Dan udah 8 minggu.



Allahuakbar, Masha Allah.


***


Dulu yang gue bayangin tentang mengandung adalah, lo hamil 9 bulan, mual-mual dikit, ngidam, beli barang-barang bayi yang super ngegemesin, lalu melahirkan. Dan lo akan bahagia banget. Tiap ketemu orang selalu dikasih selamat, "CONGRATS YAAAAA UDAH HAMIL!". "WAAAH UDAH BERAPA BULAN?", "LANCAR-LANCAR YAAAAA!" daaaan sebagainya.

Yang gue nggak tau, yang Kakiram nggak tau, yang kami berdua nggak tau: KEHAMILAN, persiapan dan menghadapinya, jauh, jauh, jauh lebih berat, lebih penting, dan lebih butuh kesiapan, lebih dari itu.

Gue pengen banget cerita banyak tentang kehamilan pertama gue. Yang sejujurnya: SANGAT NGGAK GUE NIKMATI. Like, I do LOVE my baby but I HATE my pregnancy. Gue turun hampir 5 kilo, gue 2x dirawat di rumah sakit, gue nangis hampir tiap malem, Kakiram bingung harus gimana, kami berdua kalut, dll, dll, dll.

Tapi nanti yah :)





***


Sekarang, 8 bulan setelah gue menikah....



Gue menerima, dan menikmati, bahwa hidup emang serba nggak pasti.

Dan walaupun hidup nggak bisa melulu sesuai sama apa yang udah kita rencanain, yang kita impiin, tapi akan selalu ada kebahagiaan yang baru, yang siap ngegantiin. :)

You May Also Like

0 comments