What We Came Here For

by - Maret 24, 2014

Recent song on play: Demi Lovato ft. Joe Jonas - What We Came Here For

"They say that life is a two-way street, when you're not sure you gotta trust your feet to know the right way. You can keep on movin with your head down, or you can stop and take a look around.
And that's the choice I've made."

Tiga tahun yang lalu, 61 anak yang berasal dari berbagai daerah, dengan berbagai sifat dan kepribadiannya, melangkahkan kaki di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Sebuah departemen baru, yang baru memiliki dua angkatan sebelumnya.
Asing. Begitulah kesan pertama gue, pun pasti kalian ngerasain hal yang sama. Saat itu I keep asked to myself, is this the right place I have to be? Akan jadi seperti apa gue disini? Bisa nggak yah gue survive? And so on. Tapi sejak melihat kalian pertama kali, dengan begitu banyaknya warna yang kalian pancarin, senyum ramah dan tawa yang renyah yang setiap hari gue temuin, gue tau, bahwa gue nggak tersesat. Seenggaknya, bareng kalian, I knew I could go through this all.

"It's for that movie inside your head, making memories we can't forget. For every song we let play outside, the melodies we get to write, every time we sing. Friends we've made, fun we've had, memories gonna make me laugh. It's a beautiful thing."

Dan seiring waktu berjalan, kalian completely, literally, change my whole life. Begitu banyak waktu yang kita habisin bareng-bareng, entah itu dikelas, diluar kelas, dimana-mana, dengan kelakuan kalian yang sangat absurd yang udah sering gue ceritain disini, hahaha. Dan sadar atau enggak, itu yang bikin sampai kapanpun nggak akan bisa dilupain. Banyak momen yang kita laluin, banyak tempat yang kita datengin. Kita nggak cuma sekedar temen sekelas, temen belajar, temen seperjuangan buat mencapai gelar sarjana. Tapi dengan kalian, gue juga dapet banyak banget pelajaran kehidupan. Tiga tahun kita tumbuh dan berkembang bareng-bareng, banyak proses, perubahan yang gue lihat dan rasakan dari kalian. Tapi ada satu hal yang nggak pernah berubah: kalian selalu nggak pernah gagal bikin gue ketawa. :)))
"I want to send it around the world, cause everybody should feel this good."

Gue bangga, bahagia, dan bersyukur bisa jadi salah satu dari kalian. Kalian semua energi positif yang besar banget, yang bikin gue bisa tetep senyum dan ketawa saat gue lagi ngerasa jenuh banget sama kuliah, yang bikin gue bisa tetep semangat saat gue lagi ngerasa down dan pengen nyerah. Nggak perlu dengan nasehat deh, celotehan nggak penting kalian aja udah nolong banget. Hahahaha. Sesusah apapun, seberat apapun proses jadi anak teknik, seenggaknya gue tau, ada 60 anak-anak stress lainnya yang berjuang bareng-bareng gue. Jadi kalo stress, ya stress nya juga ada temennya. Makanya gue sering nulis apapun tentang kalian, because I would proudly tell everyone, bahwa gue punya keluarga yang terbaik disini.

"You're gonna know in your soul, this is what we came here for. So live it loud, here and now, this moment,
it won't be ignored. So why not open up that door? It's what we came here for."

And, here it comes. Sebuah perjalanan yang hebat, pasti harus sampai pada akhir yang hebat juga. Tiga tahun semua perjuangan, peluh, keringat, asa, dan cita-cita kita bentar lagi akan sampai ke sebuah tujuan. Menjadi sarjana. Dan untuk mencapainya, sekali lagi we're being pulled to another hundreds different direction. Secara nggak langsung, kita udah sampai di pintu perpisahan. Dengan nggak adanya kuliah, penelitian yang beda-beda, kita, sadar atau nggak, mulai menapaki sebuah jalan yang baru lagi. Our crossed path is finished. Mulai sekarang, kita berjuang sendiri-sendiri.

Sedih, sepi, aneh. Itu yang gue rasain, entah gimana dengan kalian. Tapi kalau kita noleh ke belakang, flashback ke saat kita pertama kali nginjekin kaki di SIL,
we know that, this is what we came here for. 
Untuk inilah kita ada disini, untuk inilah kita berjuang selama tiga tahun bersama, untuk sebuah titel sarjana, untuk sebuah masa depan. 

Jadi, yang mau gue sampein ke kalian semua adalah: Selamat. Selamat menunaikan asa, selamat menggapai cita, selamat merajut masa depan kalian, temen-temen. Sering kita denger kalimat, "selamat sampai tujuan ya." And we did it! Kendaraan yang kita tumpangin bareng-bareng udah sampai ke terminal nih, sekarang saatnya kita ngelanjutin perjalanan sendiri-sendiri. Semangat. Semangat untuk terus berjalan, dan bahkan berlari sejauh yang kalian bisa. Kalian orang-orang yang hebat, dan gue yakin kalian akan jadi orang yang jauh lebih hebat setelah ini.
Dimanapun kalian, apapun yang kalian kerjain, gue tau kalian akan selalu bisa survive dan berhasil.
Semangat terus penelitiannya.
 
Buat Libna, Annette, Memel, Didi, Bundo, saudara seeeebimbingan ku, semangat terus buat ngejar deadline kita! Didi jangan lupa pake jas hujan biar nggak demam lagi, hahaha :D
Buat anak-anaknya Opa, semangat nyari orang buat bantuin Arc-GIS ya Tami dan Lia :))
Buat Pepewekibo, Trias, Melvin, dan Agindut yang jauh-jauh ngerantau ke Lampung & Palembang, semoga lancar disana dan bisa cepet pulang. Aamiin!
Buat Ria yang udah super bringas yang tiap hari ngumpulin kaleng, buat Christo dan Eko yang sibuk sama buah bintaro, buat Isti yang capek bolak balik rektorat, kalian super sekaliiii! Hahaha.
Buat Age yang lagi riweuh nyari orang buat bantuin traffic counting, buat Depe yang nyari data dari berbagai kota, buat Agitsu, buat Aci, buat Dipta yang neliti banyak pohon di Kebun Raya, jangan pernah lelah ya :)
Buat Nura yang setiap minggu bimbingan dua kali, buat Bosyooon yang stress sama papinya, sabar dan semangat terus! Haha :D
Buat anak-anaknya Pak Roh yang paling gerak cepet, Juno, Tama, Buneg, dan si anak baru Masbro, tungguin yang lain atuuuh ;p hahaha semangattt!
Buat tim Prof Buds yang paling koplak dan kompak, Ojep, Dodoy, Canekiting, Pupu, Boshen, dan Aa Zajib, udah enak bangetlah kalian pinter-pinter semua, udah gitu penelitian udah kayak praktikum pula hahahaha. Kalau kata Cane, Mei udah beres ya? Wes, ditunggu. Btw, udahan yah nyiksa Ojepnya, kasian :")
Buat Daddy Ibung & Rizal, cemangattt yang seminar pertama! Sama pak Oyo mah langsung tesis ya :") hahahaha
Buat Miro & Erbi, jangan nyusahin dan nyiksa daddy Andik yah :")) hahaha semangat!
Buat Lutuyeah, Hapila, dan Adi, sabar-sabar ya sama Madam, semoga dapet gantungan kunci lagi :D
Buat Upay, Marbundos, dan Lele, nanti bikin slide nya jgn kayak babeh kalian yg cuma item-putih ya :D hahahaha semangaattt, jangan suka miskom :p
Buat Adam dan Mbokce yang tiap hari nongkrong di ruangan-enak-belakang-lab-struktur, yang bener bikin jembatannya! :D
Buat Mayate yang kalau hujan riweuh ngangkatin botol, buat Dilla dan Nadi, ayo hap hap semangattt, terutama semangat ngadepin Maya hahahaha :p
Buat Asepo, Z, dan Bu Haji Risqoh, I haven't hear any news from you, hope you're doing okay yah. Waduh ini ntar tau-tau udah wisuda kali ya XD
Buat Jaja, Macuna, Choliq, jangan pake Autocad, inget kata Babeh kalian, Autocad itu jaman batu! Hahaha :p
Buat Faiz dan Dian, kompak terus ya :p *awas ntar ada yang ngambek hahahaha*
Buat Rara, Ikhsan Dede, Zucup, selamat bersenang-senang sama JengMies :p

Setiap proses pasti punya cerita. Entah itu susah, sedih, seneng... Jalani, dan hadapi. Cuma itu pilihan kita. Sambil terus percaya, bahwa nanti saat kita udah menyelesaikan semuanya, dan nengok ke belakang, cerita itu akan selalu kita kenang. :)

Yaaaah pokoknya.... Remember, this is what we came here for. Our end is near, but another great things is about to begin. An answer to the struggle we've made for these 3 years. New beginning, new atmosphere, new surroundings, new knowledges, new challenges, and new life is waiting to see us. :)

Sampai berjumpa lagi temen-temen, di seminar, dan in shaa Allah, di GWW, dengan sebuah toga dan senyum bahagia dari orang tua kita. :')

P.S: I will always love you.

You May Also Like

0 comments