Sesuai Pada Musim Semi

by - Mei 06, 2016


Hari Kamis yang super manis! Berwisata singkat yang akhirnya nggak cuma jadi rencana berujung wacana aja. Wisata bareng berdua sama Betris, teman kenal sebulan di Provoke yang super berisik, rese, tapi nyenengin ini emang udah kami rencanain dari jauh sebelumnya, pas baru seminggu kenal. Hahahaha. Tapi ya biasa, ngomong cuma ngomong, nggak terlaksana sampai Bebe keburu cabut dari kantor duluan.

Dua hari sebelum pergi, Bebe nge-whatsapp saya ngajakin main. Tadinya rencana kami mau ke Bogor, yang saya "iya-in aja dulu" padahal sebenernya males. Ahahahaha. Lebih tepatnya bingung sih, ke Bogor tuh mau ke mana dan mau ngapain. Tapi H-1, rencananya berubah dadakan dari Bogor jadi ke Pecinaan. Iyah, sungguh jauh. Maklum, emang anak-anak random. Rencana nge-date berdua juga berubah jadi berempat, bareng Ocky dan Mas Kiram.

Perjalanan ke Pecinaan (yang katanya dibaca "pe-ci-nan" bukan "pe-ci-na-an") ditemenin sama hujan dan macetnya Jalan Sudirman yang bikin nggak sabar. Padahal saya pikir, Jakarta bakalan kosong ditinggal penghuninya liburan, eh ternyata sama aja. Singkat cerita (karena lagi males nulis huahuahahaha), akhirnya sampai, gerimis-gerimis, nyari parkir, udah dapet trus karena rencananya akan lama jadi disuruh pindah sama kang parkirnya, dengan ancaman "nanti diderek!", cari parkir lagi, dapet, janji dua jam bakal balik.

Tujuan pertama kami di sana adalah Kopi Es Tak Kie. Konon, kedai kopi ini terkenal banget. Saya sih belum pernah denger. Tapi katanya, saking terkenalnya, tempatnya selalu ramai dan jam 2 siang udah tutup. Penasaran, kayak apa rasanya!



Kopi Es Tak Kie ada nggak jauh dari bibir Gang yang kanan kirinya penuh sama orang-orang jualan makanan. Begitu masuk ke kedai kopi ini, kesan pertama buat saya adalah.... Klasik banget! Lucu, khas tempat makan orang Cina, yang di dalamnya penuh sama orang-orang Cina, dan bikin saya agak sungkan sedikit. Hehehehe. Jadi berasa asing sendiri. Berempat mesen es kopi susu dan penasaran kayak apa rasanya, sambil sibuk ngeliatin kanan-kiri-atas-bawah, takjub, dan geleng-geleng ketika ditawarin makan nasi tim sampai mie pangsit.



Es kopinya gimana? Hengggg.... SAMA AJAH KAYAK ES KOPI-ES KOPI DI WARKOP. ahahahahaha. Gatau yah, saya yang nggak ngerti kopi atau gimana :')) tapi ya emang udah, gitu ajah. Harganya pun lumayan, 17 ribu per gelasnya. Tapi buat saya, yang jadi mahal sih emang suasananya. Suasana yang cuma bisa ditemuin di Tak Kie aja. Keluarga besar Cina yang kumpul dan ketawa ramai-ramai, beberapa ibu Cina yang mampir sehabis belanja, dan kami, empat anak-anak muda yang ngeliatin suasana itu dengan tatapan nggak biasa. Hahahaha.

Highlight dari perjalanan ini sebenernya adalah: mau diramal di Vihara. Kata Betris sih gitu. Sebelumnya dia udah gembar gembor kalau di Vihara Petak Sembilan, kita bisa diramal. Tapi begitu sampai di Vihara Dharma Bakti, nggak ada tanda-tanda tempat dan orang yang mau ngeramal tuh. Hissshhh, dasar. Hahahaha.

Tapi untung nggak buru-buru pulang. Pas lagi keliling dan foto-foto, Mas Kiram nanyain ke salah satu penjaga Vihara, namanya Pak Ahin yang lalu ngasih tau kalau kita bisa berdoa dan menanyakan sesuatu sama Dewa di Vihara itu. Hemmm lupa detailnya, nggak terlalu merhatiin. Pokoknya dicoba aja. 

Ritualnya, menyapa nama Sang Dewa, memperkenalkan diri, mengocok sebuah tabung berisi stik kayu (atau bambu?) yang berisikan nomor-nomor sampai keluar satu stik yang akan menjadi penentu "nasib" kita, lalu menyerahkannya ke Dewa dengan melemparkan dua buah batu. Kalau dua buah batu itu sama-sama jatuh terbuka, katanya Dewa ketawa atas pertanyaan kita. Kalau tertutup, Ia marah. Tapi kalau satu terbuka dan satu tertutup, Dewa nya menerima.



Dimulai dari Betris yang emang kayaknya paling semangat. Dalam satu kali coba, dia berhasil ngelakuin ritualnya dengan bener, dari awal sampe akhir, dan langsung dapet kayak semacam "fortune paper" gitu, yang isinya bagus! Itu tuh langsung bikin yang lain jiper duluan. Kayak udah set the bar too high, padahal baru pemain pertama. Ih, sebel. Hahahaha.

Saya mutusin buat nyoba terakhir. Soalnya deg-degaaaaan banget. Deg-degannya bukan takut bakalan dapet ramalan jelek, tapi deg-degan nggak bisa ngelakuin ritual dengan bener, dan ngulang-ngulang terus, dan bikin malu. Hahahaha. Dan ituuuu jadi kenyataan. Dua kali batu saya jatuh dalam keadaan dua-duanya terbuka, saya jadi ngerasa diketawain beneran. Entah sama Dewa, entah sama orang-orang yang ada disitu.

Di percobaan ketiga, akhirnya berhasil juga. FIYUUUHHH. Dan ternyata, kebetulan saya dapet kertas keberuntungan yang baik, jadi tuh kayak bonus aja. I considered myself not a lucky person sih, biasanya. Hahahahaha.

Dibalik ramalannya yang baik, saya suka banget sama kata-katanya. Ini yang bikin pasti penyair! :p





Ramalannya nggak perlu dipercaya sih, tapi pada prinsipnya saya percaya kalau hidup, baik dan buruknya emang tergantung dari gimana kita ngejalaninnya.


Kamis manis saya ditutup dengan mengisi perut yang udah keroncongan di sebuah restoran lucuk nan hipster di Kawasan Kota Tua. Namanya Historica. Lucu banget gemes, dan nyamaaan sekali!


One fine day! Terima kasih juga buat Betris, Ocky, dan Mas Kiram! :D




Note: Apa yang saya tanyain waktu berdoa di Vihara? Nggak fokus sih, nggak spesifik nanya satu pertanyaan juga. Tapi dari sekelebat pikiran-pikiran, salah satu jawabannya ada di kertas itu tuh. Katanya, "sesuai pada musim semi." Hahahahaha :p


You May Also Like

1 comments

  1. Nggak pengen banget bikin gue ngerasa kita sama muda nih jadinya? dengan memanggil cukup dengan nama. :|

    BalasHapus